Bagikan:

JAKARTA - Duo penyanyi remaja bernama DeVFias kembali meramaikan belantika musik Tanah Air lewat single terbaru, “Andaikan”. Beranggotakan Arvia Reihanna dan Safia Malia Diansyah, duo ini menghadirkan komposisi pop ballad yang manis. 

Harmonisasi yang apik antara arransemen dan lirik lagu garapan musisi kenamaan tanah air Kevin Aprilio ini terasa renyah, ringan, easy listening dan tentu saja kekinian.

Lagu “Andaikan” diciptakan oleh Kevin, yang liriknya menceritakan tentang seseorang yang kehilangan secara general. Bisa kehilangan orang tua, sahabat, dan juga teman dekat.

Lirik lagu yang menyentuh hati ini terinspirasi dari kisah nyata duo vokal Arvia dan Safia. Kedua gadis remaja yang bersahabat sejak masa sekolah dasar ini sempat berpisah selama beberapa tahun. Perpisahan tersebut membuat mereka merasa sangat kehilangan.

DeVFias dan Kevin Aprilio (Dok. Ist)
DeVFias dan Kevin Aprilio (Dok. Ist)

Arvia dan Safia rupanya sudah bersahabat sejak belajar di bangku sekolah dasar dan mereka berdua les vokal di sekolah musik Purwacaraka. Pertemanan ini sempat terpisah jarak karena Arvia melanjutkan studi ke London, Inggris.

Terpisah oleh jarak dan waktu dalam waktu yang cukup lama, persahabatan mereka kembali tertaut setelah Arvia pulang ke Indonesia. Keduanya kemudian serius membentuk duo vokal DeVFias.

“Lagu Andaikan ini bicara tentang kehilangan, dan lagu ini terinspirasi dari kisah nyata kami berdua yang pernah pisah beberapa tahun,” kata Safia dalam siaran tertulis.

Digarap dalam waktu tiga bulan, DeVFias merasakan tantanga berbeda ketimbang lagu mereka sebelumnya. Sebab, lagu “Andaikan” ini bukanlah lagu recycle seperti di single mereka yang dirilis 2023 lalu yang berjudul “Rasa Ini” yang merupakan interpretasi ulang dari lagu berjudul sama, yang pertama kali dipopulerkan oleh band pop Vierratale.

“Karena Andaikan ini lagu baru bukan seperti single kita sebelumnya yang recycle dari Vierratale. Jadi kita benar-benar workshop dari awal untuk dapetin feel lagunya,” ucap Arvia.

Perpaduan kualitas vokal Arvia dan Safia yang telah ditempa sejak di bangku sekolah dasar berkolaborasi dengan warna musik Kevin Aprilio yang merupakan pentolan grup band Vierratale ini memberikan sentuhan yang anggun sekaligus berkelas dalam lagu “Andaikan”. Chemistry Arvia dan Safia yang bersahabat sejak sekolah dasar terasa di setiap lirik yang mereka bawakan.

Dalam video klipnya, DeVFias menggambarkan kisah seseorang yang ditinggalkan sahabatnya untuk belajar sementara di kota lain. Dikisahkan DeVFias, pembuatan video klip untuk "Andaikan" juga menjadi tantangan tersendiri. Dengan tema perpisahan antar sahabat, video klip ini digarap dalam waktu sehari penuh. Tema video klip pun disesuaikan dengan judul lagu tentang perpisahan antara sahabat. "Kami ingin video klip ini sesuai dengan pesan lagu tentang perpisahan dan move on," jelas DeVFias.

G