Bagikan:

JAKARTA - Banyak yang mengira jika memiliki motor injeksi tak perlu lagi rutin memanaskan mesinnya. Ternyata hal itu masih penting dilakukan sebelum melakukan rutinitas sehari-hari, dan bisa dilakukan dalam kurun waktu maksimal 5 menit.

Seperti diungkapkan oleh Training Analyst PT Wahana Makmur Sejati (WMS) Wahyu Budhi. Ia mengatakan, memanaskan mesin motor memiliki manfaat tersendiri, termasuk sirkulasi oli.

Namun ia menyarankan, posisi motor jangan digas kencang atau digeber. Dengan kata lain, tidak memainkan gas saat memanaskan mesin motor.

"Membuat oli mesin bersirkulasi sebelum motor digunakan, tapi posisinya mesin motor dalam kondisi langsam atau idle dan tidak digeber-geber," katanya, dalam keterangan resminya, Selasa, 11 Juni.

Soal durasi, ia mengatakan yang ideal untuk memanaskan mesin motor injeksi hanya maksimal 5 menit saja alias jangan terlalu lama.

"Jika terlalu lama dipanaskan, bakal percuma juga karena bensin akan terbuang sia-sia," tambahnya.

Sebelumnya, Budiman, Service Advisor Yamaha Harapan Motor Beji, Depok, menjelaskan bahwa waktu yang dibutuhkan tidaklah lama dan masih perlu dilakukan (memanaskan mesin).

"Mesin pada motor injeksi perlu dipanaskan agar sensor sudut miring (Lean Angle Sensor) dapat berfungsi dengan baik, terutama saat suhu mencapai 80 derajat," katanya, kepada VOI beberapa waktu lalu.

Budiman juga merekomendasikan agar memanaskan mesin pada RPM 1500 atau dalam kondisi diam, tanpa menarik gas.

"Piston bekerja dengan baik pada putaran 1500 RPM tanpa mengalami beban berlebih," pungkasnya