6 Risiko Jarang Ganti Oli Mesin Motor, Awas Biaya Servis Mahal
Foto ilustrasi. (Dok. Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Mesin motor memerlukan oli sebagai pelumas dan mendinginkan mesin. Oli mesin perlu diganti secara rutin supaya kinerja dan performanya tetap terjaga. Ada beberapa risiko jarang ganti oli mesin motor yang perlu diketahui oleh pemilik kendaraan. 

Tidak sedikit pemilik motor yang lupa atau telat mengganti oli mesin. Padahal oli mesin memiliki masa pakai atau akan habis seiring lamanya penggunaan. Selain itu, oli di dalam mesin juga akan terkontaminasi dengan partikel debu, kotoran, maupun zat-zat kimia dari kinerja mesin. 

Seiring dengan pemakaian motor, kemampuan pelumasan oli akan berkurang dan menyebabkan terjadinya gesekan berlebih di komponen mesin. Sebagai pengingat agar Anda mengganti oli secara berkala, berikut ini beberapa efek jarang ganti oli mesin motor yang perlu diwaspadai. 

Risiko Jarang Ganti Oli Mesin Motor

Penggantian oli mesin secara rutin termasuk salah satu perawatan motor yang sangat penting. Jika oli mesin terus dibiarkan dalam waktu lama tanpa diganti, maka akan berkurang, berubah menjadi hitam, hingga cairannya pun jadi encer. 

Berikut ini beberapa efek buruk jarang ganti oli mesin motor yang perlu Anda tahu:

Gampang Overheat

Salah satu dampak buruk yang bisa terjadi karena jarang ganti oli mesin adalah mesin mudah overheat. Oli mesin berfungsi menyerap panas dari kerja mesin saat pemakaian motor. Mesin motor menghasilkan panas dari proses pembakaran hingga terjadinya gesekan komponen di dalam mesin.

Jika volume oli hanya sedikit dan terlalu encer, maka oli tidak mampu menahan suhu tinggi pada mesin. Kondisi ini bisa mengakibatkan panas berlebihan atau overheating pada mesin. Jika terus dibiarkan maka kondisi ini dapat menyebabkan komponen mesin jadi rusak. 

Kinerja Mesin Jadi Menurun

Jarang ganti oli mesin juga bisa mengakibatkan mesin cepat rusak. Ketika kekentalan oli menurun karena pemakaian dalam waktu lama, maka kualitas pelumasan menjadi berkurang. Kondisi ini tentu saja menyebabkan gesekan antar komponen dalam mesin secara berlebihan. 

Ketahanan dan Umur Mesin Berkurang

Jika komponen mesin mengalami gesekan berlebihan maka dapat mengakibatkan keausan. Misalnya piston, ring piston, poros engkol, dan dinding silinder akan cepat aus. Apabila hal ini dibiarkan maka dapat menurunkan ketahanan dan umur mesin motor. 

Oli mesin memiliki fungsi penting sebagai pelindung mesin supaya tidak cepat panas dan terjadi gesekan yang kasar. Dengan mengganti oli mesin secara rutin, maka ketahanan dan usia pakai mesin pun bisa bertahan lebih lama. 

Penggunaan BBM Lebih Boros

Efek buruk lain dari jarang ganti oli mesin adalah membuat bahan bakar semakin boros. Oli yang tidak pernah diganti akan menyebabkan kinerja mesin jadi berat, sehingga bahan bakar yang digunakan pun lebih banyak. Tentunya hal ini pun akan menguras keuangan Anda karena harus sering mengisi BBM dibandingkan ketika penggunaannya lebih irit. 

Mesin Bekerja Berat dan Kasar

Ketika oli mesin jarang diganti maka kinerja mesin pun menjadi berat. Selain itu, volume oli yang berkurang juga membuat gesekan antar komponen jadi lebih kasar. Selain menyedot bahan bakar lebih banyak, kondisi ini juga mengganggu kenyamanan saat berkendara. 

Motor yang jarang ganti oli akan terasa getaran yang kasar saat digunakan. Hal ini disebabkan karena oli mesin tidak bisa melumasi komponen secara optimal. Sementara motor yang rutin ganti oli akan memiliki gerakan mesin yang lancar dan suaranya pun lebih halus. 

Turun Mesin

Efek buruk lainnya yang bisa terjadi akibat jarang ganti oli mesin adalah bisa mengakibatkan turun mesin. Oli yang sudah menipis atau kualitasnya memburuk maka tidak akan bekerja secara optimal dalam melumasi dan mendinginkan mesin motor. 

Mesin motor yang kerap overheat dan mengalami gesekan kasar akan membuat mesin jadi cepat rusak. Jika dibiarkan dalam waktu lama, kondisi ini bisa menyebabkan turun mesin. Apabila sudah begini maka Anda perlu mengeluarkan uang lebih banyak untuk memperbaikinya. 

Demikianlah beberapa risiko jarang ganti oli mesin yang harus dipahami oleh pemilik motor. Supaya kinerja mesin tetap optimal dan memiliki masa pakai lebih lama, pastikan Anda mengganti oli mesin secara rutin. Baca juga cara memilih jenis oli yang tepat untuk motor. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.