Cara Memilih Jenis Oli yang Tepat untuk Motor, Jangan Asal Menggunakan Produk
Foto ilustrasi. (Dok. Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Oli merupakan cairan pelumas yang berperan penting dalam menunjang performa motor, salah satunya oli mesin. Cairan ini digunakan untuk menjaga agar tidak terjadi gesekan pada sejumlah komponen dalam mesin. Ada berbagai merek oli mesin yang bisa dipilih oleh pemilik kendaraan. Namun Anda perlu tahu cara memilih jenis oli yang tepat untuk motor. 

Pemakaian oli mesin memiliki fungsi vital agar kinerja motor menjadi maksimal dan tidak mengalami kerusakan. Apabila oli mesin dalam kondisi kurang, maka pelumasan mesin akan kurang optimal. Akibatnya beberapa komponen seperti ring piston, blok, dan silinder menjadi cepat aus atau tergerus, sehingga mengakibatkan permasalahan pada mesin motor.

Meski berbagai macam merek oli tampak sama, namun Anda harus menyesuaikan penggunaan oli dengan tipe mesin kendaraan. Itulah mengapa Anda harus tahu cara memilih jenis oli yang tepat agar performa motor bisa optimal. 

Cara Memilih Jenis Oli yang Tepat untuk Motor

Banyaknya merek atau produk oli yang ditawarkan di pasaran seringkali membuat pemilik motor bingung ingin memilih yang mana. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat membeli oli, yaitu kode mutu (API), tingkat kekentalan (SAE), hingga jenisnya. 

Berikut ini cara memilih jenis oli yang tepat untuk motor yang perlu Anda tahu:

Menyesuaikan dengan Karakter Mesin Motor

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum memilih oli adalah memahami karakteristik mesin sepeda motor Anda. Anda harus tahu jenis oli mesin yang sesuai untuk kendaraan Anda, sebab setiap motor memiliki kebutuhan khusus atau berbeda. 

Dalam hal ini, Anda bisa mencari tahu melalui manual book atau buku panduan kendaraan. Biasanya dalam buku panduan terdapat informasi mengenai spesifikasi mesin dan rekomendasi jenis oli yang tepat.

Mengecek Tingkat Kekentalan Oli

Society of Automotive Engineering (SAE) digunakan untuk mengetahui tingkat kekentalan oli. Pada tiap kemasan produk oli biasanya tertulis kode SAE yang menunjukkan tingkat kekentalannya. 

Apabila kode SAE pada oli adalah 15W-50, berarti oli memiliki tingkat kekentalan 50. Pemilihan tingkat kekentalan oli sebaiknya disesuaikan dengan kondisi lingkungan tempat Anda tinggal dan cara penggunaan sepeda motor Anda.

Memperhatikan Bahan Pembuatan Oli

Oli kendaraan dapat dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu oli sintetik dan oli mineral. Oli sintetik dibuat dengan berbagai bahan kimia dan aditif tertentu, sementara oli mineral dihasilkan melalui ekstraksi minyak bumi. Ketika harus memilih antara keduanya, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan.

Kedua jenis oli memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Satu cara mudah untuk memilihnya adalah mempertimbangkan usia sepeda motor Anda. Jika motor Anda relatif baru, maka oli sintetik bisa jadi pilihan yang tepat. Namun oli mineral yang berasal dari sumber alam, yaitu minyak bumi, juga bisa digunakan. Karakteristik alami oli mineral tidak mengandung campuran bahan kimia seperti oli sintetik.

Membaca Kode Mutu Oli 

American Petroleum Institute (API) merupakan indikator untuk menilai kemampuan oli dalam menahan gesekan antar komponen mesin. Penggunaan motor dengan mobilitas tinggi tentunya berpengaruh pada performa motor Anda. 

Pemilik kendaraan disarankan untuk menggunakan oli dengan kode API yang lebih tinggi. Misalnya jika oli bawaan motor memiliki kode SE, sebaiknya Anda beralih ke kode SF atau bahkan yang lebih tinggi.

Standar JASO Oli

JASO adalah singkatan dari Japanese Automotive Standards Organization, yang digunakan untuk mengidentifikasi standar oli yang cocok dengan jenis motor yang memiliki kopling. Terdapat dua jenis standar JASO, yaitu JASO MA dan JASO MB.

JASO MA digunakan untuk kendaraan dengan kopling basah, seperti pemakaian pada motor sport. JASO MB cocok untuk motor dengan kopling kering yang sering digunakan pada sepeda motor matic.

Demikianlah ulasan mengenai cara memilih jenis oli yang tepat untuk motor. Pemilihan oli yang sesuai dengan karakteristik motor sangatlah penting agar kinerja kendaraan bisa maksimal dan meminimalisir kerusakan. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.