Suzuki Rilis Edisi Terbatas Hayabusa, Peringati Ulang Tahun ke-25
2024 Hayabusa 25th Anniversary Edition. (Dok. Suzuki)

Bagikan:

JAKARTA - Suzuki baru saja meluncurkan Hayabusa edisi terbatas untuk memperingati ulang tahun Hayabusa yang ke-25. Model 2024 Hayabusa 25th Anniversary Edition ini tampil dengan corak oranye dan hitam yang mencolok.

Diketahui, Suzuki memperkenalkan sepeda motor yang menjadi salah satu ikon budaya populer ini pada tahun 1999. Awalnya motor ini dirancang khusus untuk meraih gelar sepeda motor tercepat di dunia, dan Suzuki Hayabusa berhasil mencapai tujuan tersebut sekaligus menjadi motor yang sangat populer di kalangan penggemar otomotif performa tinggi.

Suzuki Hayabusa juga sejak awal dikenali dengan bodinya yang aerodinamis yang mempertahankan ciri-ciri yang terinspirasi oleh elang peregrine - hewan tercepat di dunia.

Kini, Suzuki Hayabusa masih tetap ada. Meskipun bukan lagi sepeda motor tercepat di dunia, Suzuki Hayabusa masih dapat menjadi kekuatan yang harus diperhitungkan dalam hal kecepatan maksimal.

Dilansir laman resmi Suzuki, 5 Juli, Hayabusa edisi ulang tahun ke-25 hadir dengan kombinasi warna Glass Blaze Orange & Glass Sparkle Black yang mencolok dan istimewa, dilengkapi dengan simbol Kanji Hayabusa yang ikonik dan logo nama.

Sementara fitur unik dari Hayabusa edisi ulang tahun ke-25 dapat ditemui ada pada emblem ulang tahun ke-25 yang unik dan logo timbul SUZUKI di tangki bahan bakar. Lalu, logo ulang tahun ke-25 yang elegan diukir di setiap knalpot. Sistem knalpot silinder kembar simetris juga didesain lebih ringan dengan aliran yang lebih baik dan menghasilkan suara knalpot yang khas.

4

Dengan mesin empat silinder sejajar berkapasitas 1.340cc, berpendingin cairan, dan sistem injeksi bahan bakar, motor ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 187 dk.

Selain tenaga yang mumpuni, Hayabusa juga dilengkapi dengan berbagai fitur canggih untuk membantu pengendara. Motor ini menggunakan unit pengukur inersia (IMU) bersegi enam, sehingga mendapatkan fitur canggih seperti sistem ABS saat menikung dan kontrol traksi.

Namun, dilihat dari laman Suzuki global, 5 Juli, Suzuki belum mengumumkan harga dan jumlah ketersediaan Hayabusa edisi terbatas ini.