Suzuki Hayabusa Edisi HUT ke-25 Tahun Dijual di India, Harganya Capai Rp340 Jutaan
Suzuki Hayabusa 25th Anniversary Edition (sumber: Suzuki Global)

Bagikan:

 

JAKARTA - Suzuki Hayabusa 25th Anniversary Edition tiba di pasar India setelah sembilan menandai debut globalnya. Motor ini menawarkan sejumlah peningkatan dibandingkan dengan versi standarnya.

Dilansir dari Autocar India, Rabu, 17 April, motor bertenaga tinggi ini hadir dengan skema dua warna oranye dan hitam. Agar menjadi spesial, dihadirkan juga lapisan anodisa emas pada rotor pengatur rantai penggerak dan bagian internal cakram rem depan.

Kuda besi ini juga dihiasi dengan logo unik 25th Anniversary yang terukir pada bagian knalpot serta emblem 3D Suzuki terbaru di tangki motor. Edisi ini tersedia dengan penutup kursi tunggal sebagai standar.

Motor ikonik satu ini berbobot 264 kg dengan tangki bahan bakar bisa menampung 20 liter. Sementara itu tinggi jok ada diangka 800 mm dan dilengkapi dengan pengereman Brembo serta Suzuki Intelligent Ride Systems (SIRS).

Berbasis dari Hayabusa generasi ketiga, motor ini dibekali dengan mesin inline-four berkekuatan 1.340 cc yang diklaim mampu menghasilkan tenaga 190 PS pada 9.700 rpm dan torsi 150 Nm pada 7.000 rpm.

Fitur lainnya yang menjadi standar dari motor ini ialah throttle ride-by-wire, kontrol traksi, kontrol pengangkatan roda, pengereman mesin, kontrol peluncuran, dan mode berkendara.

Dengan berbagai penawaran tersebut, Suzuki Hayabusa 25th Anniversary Edition dijual di pasar India seharga 1,770 juta rupee atau setara Rp343,4 jutaan.

Diketahui, Suzuki memperkenalkan sepeda motor yang menjadi salah satu ikon budaya populer ini pada tahun 1999. Awalnya motor ini dirancang khusus untuk meraih gelar sepeda motor tercepat di dunia, dan Suzuki Hayabusa berhasil mencapai tujuan tersebut sekaligus menjadi motor yang sangat populer di kalangan penggemar otomotif performa tinggi.

Suzuki Hayabusa juga sejak awal dikenali dengan bodinya yang aerodinamis yang mempertahankan ciri-ciri yang terinspirasi oleh elang peregrine - hewan tercepat di dunia.

Kini, Suzuki Hayabusa masih tetap ada. Meskipun bukan lagi sepeda motor tercepat di dunia, Suzuki Hayabusa masih dapat menjadi kekuatan yang harus diperhitungkan dalam hal kecepatan maksimal.