Bagikan:

JAKARTA - Industri otomotif China terus menghadirkan inovasi dengan kendaraan listrik dan hibrida yang mengesankan, dilengkapi dengan teknologi terkini dan performa yang mengagumkan.

Untuk menarik perhatian para penggemar kendaraan listrik, beberapa produsen mampu merilis model yang tidak kalah dengan merek-merek Eropa, namun dengan harga yang lebih terjangkau. Terbaru, perusahaan mobil listrik yang dimiliki oleh Huawei, AITO, meluncurkan SUV hybrid yang menarik, AITO M5 edisi standar. Mobil ini memiliki desain bodi yang modern dan dinamis.

Dilaporkan oleh Carnewschina pada Senin, 3 Juli, AITO M5 memiliki lampu depan dual-lens LED dengan logo AITO di tengahnya. Grill bagian bawah mobil ini memiliki enam garis besi yang mengingatkan pada desain Toyota 86.

Bagian belakang mobil dilengkapi dengan lampu belakang yang membentang dari sisi kanan hingga kiri. Lampu tambahan berbentuk "C" juga ditempatkan di bawah garis lampu dengan emblem "AITO".

Di dalamnya, AITO M5 dilengkapi dengan panel instrumen sederhana berlayar 10,25 inci dan layar pengendali berukuran 15,6 inci yang ditempatkan di tengah.

Konsol tengah dilengkapi dengan dua cup holder dan pengisian daya nirkabel ganda. AITO juga menyediakan sistem audio Huawei Sound untuk hiburan pengguna mobil.

Namun, yang menarik dari mobil ini adalah performanya. AITO M5 edisi standar dilengkapi dengan mesin 1,5 liter yang bekerja sama dengan satu motor listrik.

AITO menawarkan varian dengan penggerak roda belakang (RWD) dan empat roda (4WD). Varian RWD memiliki tenaga hingga 268 dk dan torsi 360 Nm, memungkinkan mobil ini mencapai kecepatan 0-100 km/jam dalam 7,1 detik.

Untuk performa yang lebih mengesankan, AITO M5 4WD menghasilkan tenaga hingga 489 dk dan torsi 675 Nm, memungkinkan mobil ini mencapai kecepatan 0-100 km/jam dalam waktu hanya 4,4 detik.

Didukung oleh platform Huawei, yaitu DriveOne ePowertrain, AITO M5 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 40 kWh, yang memberikan jangkauan sekitar 260 km dalam mode listrik menurut perhitungan CLTC.

Namun, dengan tangki bensin dan baterai penuh, mobil ini dapat menempuh jarak hingga 1.455 km. Konsumsi bahan bakarnya juga cukup irit, sekitar 4,87L/100 km.

Bahkan, jarak tempuhnya mengalahkan Honda Clarity sebagai mobil hibrida dengan jangkauan terjauh, yaitu 547 km.

AITO M5 edisi terbaru ini dibanderol mulai dari 259.800 yuan atau sekitar Rp539,6 juta untuk varian RWD. Sedangkan varian 4WD dijual dengan harga 279.800 yuan atau sekitar Rp581,2 juta. Peluncuran mobil ini dijadwalkan pada bulan Agustus mendatang.

AITO adalah perusahaan otomotif China yang didirikan oleh kerjasama antara perusahaan teknologi terkenal, Huawei, dan merek otomotif lainnya, Seres.