Bagikan:

JAKARTA - Merek otomotif ternama dari China, BYD meluncurkan Sealion 05 DM-i. 

Sama seperti model terbaru lainnya, SUV bertubuh kompak ini hadir dengan penggerak plug-in hybrid (PHEV) generasi kelima terbaru.

Model ini merupakan saudara dari Song Pro DM-i. Namun, Sealion 05 akan dijual di bawah sub-brand Ocean sedangkan Song Pro ditawarkan pada sub-brand Dynasty.

Melansir dari CarNewsChina, Rabu, 25 September, Sealion 05 DM-i mengusung filosofi desain ‘Ocean Aesthetics’ dengan menampilkan grill depan lebar beserta aksen krom ditambah lampu depan yang agresif.

Bumper depan memiliki air intake yang berkontribusi pada penampilan mobil yang fungsional dan ramping. Desain atapnya lebih mengambang ditambah pelek lima palang berwarna hitam, sehingga meninggalkan kesan sporty.

3

Bagian belakangnya sendiri memiliki strip lampu belakang yang lebar menjulur dari ujung ke ujung. Sealion 05 DM-i memiliki dimensi yang kompak dengan panjang 4.710 mm, lebar 1.880 mm, dan tinggi mencapai 1.720 mm.

Berpindah ke interior, SUV tersebut memiliki kluster instrument digital dengan layar sentuh 15,6 inci yang dapat diputar didukung oleh sistem infotainmen DiLink yang dikembangkan oleh BYD.

Kemudian terdapat kontrol pemindah gigi dan tombol fisik di konsol tengah berbagai fungsi, seperti mode berkendara dan pengaturan iklim. Selain itu, model tersebut juga dilengkapi pengisian daya nirkabel, port USB, dan akses kunci pintar NFC.

4

Kursi pengemudi dan penumpang depan dapat diatur secara elektrik dengan penyesuaian 8-arah. Kabinnya menampilkan jahitan oranye dan biru serta atapnya dilengkapi sunroof panoramik. Mobil ini memiliki ruang penyimpanan 407 liter di bagian belakang dan 1.430 liter saat kursi dilipat.

BYD Sealion 05 DM-i dibekali dengan mesin 1,5 liter naturally-aspirated bertenaga 99 dk dikombinasikan dengan sistem DM hybrid terbaru terdiri dari motor listrik yang memuntahkan daya 160 dk.

Model tersebut menawarkan dua pilihan baterai dengan kemampuan jarak tempuh berbeda, yakni 12,9 kWh yang memiliki kemampuan berjalan 75 km dan 18,3 kWh dengan jarak tempuh 115 km berjalan dengan listrik murni.

Baterainya dapat diisi daya dengan perangkat pengisi 3,3 kW. SUV tersebut memiliki konsumsi BBM berkisar antara 4,85 l/100 km hingga 4,9 l/100 km menurut siklus WLTC. Powertrainnya dipadukan dengan transmisi e-CVT yang memberikan respon akselerasi mulus.

Mulai dijual di negara China, BYD Sealion 05 DM-i dibanderol dengan harga antara 112.800 yuan dan 142.800 yuan (setara Rp242,4 juta hingga Rp306,9 juta).