Berapa Biaya Kepemilikan SUV Hibryd per Hari? Ternyata Cuma Segini
Suzuki Grand Vitara. (Dok. Suzuki Indonesia)

Bagikan:

JAKARTA - Minat tinggi masyarakat Indonesia terhadap mobil multi-fungsi, tangguh, serta ramah lingkungan mendorong banyak pabrikan untuk menyuguhkan beragam pilihan SUV hybrid. Salah satunya Suzuki dengan hadirnya Grand Vitara yang kini dibekali mesin hybrid, yang menghadirkan kombinasi fitur unggul dan desain eksklusif.

Tentu banyak yang penasaran berapa kira-kira biaya kepemilikan SUV hybrid ini per harinya di Indonesia. Randy R. Murdoko, Asst. to Dept Head of 4W Sales PT SIS, menjelaskan bahwa SUV hybrid mendapatkan perhatian khusus di kalangan masyarakat Indonesia. Suzuki yakin keputusan untuk menghadirkan SUV ramah lingkungan dengan harga kompetitif akan memenuhi kebutuhan pasar.

Menariknya, menurutnya biaya kepemilikan Grand Vitara Hybrid tetap terjangkau, yakni Rp21.452 per hari untuk tipe GL dan Rp22.545 per hari untuk tipe GX.

"Grand Vitara telah lama menjadi pilihan di pasar Indonesia, dan kami terus berinovasi untuk menambah nilai pada SUV hybrid legendaris ini. Selain teknologi canggih, salah satu keunggulan Grand Vitara adalah biaya kepemilikan yang bersaing, mulai dari biaya pembelian hingga biaya operasional sehari-hari,” ujar Randy dalam keterangan resmi yang diterima pada Jumat, 29 Desember.

Sebagai representasi mobil SUV perkotaan modern, Suzuki Grand Vitara dibekali mesin 1.500cc K15C Dual Jet yang ramah lingkungan, didukung oleh teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS). Selain membantu mengurangi emisi gas buang, teknologi ini juga meningkatkan efisiensi bahan bakar, mengurangi pengeluaran biaya harian.

Biaya perawatan berkala menjadi aspek penting dalam menjaga performa kendaraan. Suzuki menawarkan layanan gratis biaya jasa service untuk pelanggan setia hingga jarak tempuh 50.000 km. Biaya service baru dikenakan setelah mencapai 60.000 km hingga 100.000 km. Dengan paket layanan ini, biaya kepemilikan hingga 100.000 km atau 5 tahun mencapai Rp10.589.750 juta, setara dengan Rp5.803 ribu per hari.

Biaya lain yang signifikan adalah Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Meski tipe GL dan GX memiliki perbedaan biaya PKB, total biaya kepemilikan per hari untuk tipe GL adalah Rp21.452 ribu, dan untuk tipe GX adalah Rp22.545 ribu.

"Melalui penjabaran biaya kepemilikan Grand Vitara ini, kami berharap dapat membantu calon konsumen menghitung dan memahami anggaran pembelian kendaraan. Hal ini juga mencerminkan komitmen kami untuk memudahkan masyarakat dalam mewujudkan impian memiliki mobil Suzuki," pungkas Randy.