Bagikan:

JAKARTA - BYD terus menghadirkan inovasi baru untuk meramaikan pasar otomotif Indonesia, terbaru jenama asal China itu kerap membawa model Denza D9 di beberapa ajang pameran otomotif di tanah air.

Tentunya tak sedikit yang menunggu kehadiran model tersebut, lantas apakah Denza D9 akan menjadi proyeksi mobil listrik selanjutnya?

"Dalam kegiatan memperkenalkan produk dan khususnya terkait brand kita juga punya POV harus dengan suatu perangkat kelengkapan yang komplit seperti showroom, sales, logistik dll. Baru kita perkenalkan dengan baik," kata Head Of Marketing & Communication PT BYD Motor Indonesia Luther Panjaitan, saat ditemui di kawasan Bekasi, Senin, 7 Oktober.

Lebih lanjut ia mengatakan Denza sendiri brandnya sudah launching di beberapa negara seperti Hongkong, yang memang merupakan basis mobil setir kanan.

"Untuk bawa ke Indonesia sebenarnya relatif lebih mudah dari Hongkong, tapi kita mau saat diperkenalkan posisi showroom dan tenaga penjual sudah lengkap. Mudah-mudahan sesegera mungkin bisa hadir dan diperkenalkan," tambahnya.

Pria yang akrab disapa Luther ini mengungkapkan secara demand sebelum diperkenalkan pada saat auto show, sudah banyak yang ingin melakukan pemesanan.

"Namun banyak yang membuat kami belum bisa untuk komitmen ke konsumen, misalnya harga dan ketersediaan unit. Secara intensi banyak, banyak yang sudah melakukan down payment," paparnya.

Secara dimensi, Denza D9 tergolong mirip dengan Toyota Alphard atau Lexus LM 350h. Panjangnya 5.250 mm, lebar 1.960 mm, tinggi 1.920 mm, dan jarak sumbu rodanya 3.110 mm. Kemudian Denza D9 memiliki konfigurasi kursi 2+2+3, di mana kursi baris kedua model captain seat lengkap dengan leg rest dan fitur pemijat di bagian punggung.

Sebagai mobil listrik, BYD Denza D9 tentunya dibekali baterai dengan kapasitas besar. Baterai mobil ini memiliki kapasitas kurang lebih sebesar 103 kWh. Mobil tersebut diklaim dapat menempuh jarak hingga 620 km atau setara perjalanan dari Jakarta ke Madiun dalam sekali pengecasan.

BYD Denza D9 menggunakan 2 motor listrik di depan dan belakang dengan sistem penggerak All Wheel Drive (AWD). Motor listrik tersebut mampu mengeluarkan tenaga hingga 369 Hp dan torsi 470 Nm.

Jadi, tak menampik kemungkinan model tersebut juga akan hadir di Indonesia.