Denza D9 DM-i, MPV Premium Plug-In Hybrid Pesaing Toyota Alphard dan Vellfire
Denza D9 DM-i. (Dok. Carnewschina)

Bagikan:

JAKARTA - Toyota baru-baru ini telah menghadirkan pembaruan pada jajaran MPV Premiumnya, yakni All New Alphard dan All New Velfire, dengan berbagai penyegaran dan peningkatan, mulai dari desain hingga fitur.

Tidak hanya itu, All New Alphard dan Velfire juga tersedia dalam teknologi mesin hybrid yang ramah lingkungan. Kedua model ini merupakan kendaraan elektrifikasi dari Toyota. Kehadiran ini juga memotivasi produsen asal China, Denza, untuk tidak ketinggalan dalam merilis MPV Premium berbasis mesin hybrid.

Denza D9 DM-i adalah salah satu MPV Premium dari China yang mengusung teknologi Plug-In Hybrid (PHEV). Selain sistem yang inovatif, dari segi desain eksterior, mobil ini memiliki kesamaan dengan model terbaru Alphard dan Vellfire.

Grill mobil ini mengadopsi pola yang hampir mirip dengan jajaran model MPV Premium milik Toyota tersebut. Bahkan, posisi air intake pada bagian bemper depan juga dibuat persis seperti Alphard dan Vellfire.

Namun, ada sedikit perbedaan dalam konfigurasi lampu depan. D9 DM-i memiliki pola lampu yang sedikit tajam pada kedua sisinya, sementara Alphard maupun Vellfire dibuat lebih rapih dan elegan yang mengikuti alur dari grill.

Dilansir dari Carnewschina pada Minggu, 30 Juli, MPV ini memiliki dimensi panjang 5.290 mm, lebar 1.960 mm, dan tinggi 1.920 mm dengan wheelbase 3.110 mm.

Bagian interior juga dibuat mewah dengan tampilan LCD pada instrumen panel sebesar 10,25 inci dan layar kendali pusat berukuran 15,6 inci. Setirnya juga dirancang dengan double-spoke serta dilengkapi dengan tombol kontrol multifungsi di kedua sisi palangnya.

MPV ini memiliki kapasitas tujuh tempat duduk dengan tata letak 2+2+3. Denza D9 DM-i menawarkan ruang yang luas dengan kapasitas bagasi sebesar 410 liter yang dapat ditingkatkan menjadi 2.310 liter bila kursi belakang dilipat.

Denga teknologi PHEV, Denza D9 DM-i memiliki mesin 1.5T bertenaga 136 dk dan torsi 231 Nm serta motor listrik bagian depan berkekuatan 227 dk dan torsi puncak 340 Nm. Mobil ini hadir dalam dua varian penggerak, yakni dua roda (2WD) dan empat roda (4WD).

Denza D9 DM-i terbaru dapat menempuh jarak dengan tenaga listrik murni hingga 98 km. Meskipun kapasitas baterainya belum diungkap, namun MPV ini kompatibel dengan pengisian daya cepat 45 kW dan pengisi daya 6 kW.

Saat ini, belum ada informasi mengenai harga untuk model terbaru ini. Namun, diperkirakan harganya tidak akan jauh berbeda dengan model sebelumnya, yaitu antara 335.500 hingga 445.800 yuan atau sekitar Rp712,8 juta hingga Rp946,4 jutaan.

Konfirmasi dari General Manager Denza, Zhao Changjiang, mengungkapkan bahwa tiruan Toyota Alphard ini akan diluncurkan dalam bentuk model eksklusif pada tanggal 5 Agustus mendatang.