Kupas Tuntas Teknologi E-platform 3.0 yang Disematkan pada Mobil Listrik BYD
Teknologi e-platform 3.0 BYD/BYD Motor Indonesia

Bagikan:

JAKARTA - Build Your Dreams atau lebih dikenal sebagai BYD menjadi perusahaan teknologi yang secara konsisten melakukan inovasi berkelanjutan melalui teknologi elektrifikasi.

Salah satu inovasi terkini BYD adalah e-platform 3.0 dan 8-in-1 powertrain, yang sudah ditanam ketiga kendaraan listriknya yang sudah diluncurkan di Indonesia, yaitu EV BYD Dolphin, BYD Atto 3, dan BYD Seal.

"Teknologi revolusioner BYD, yang meliputi teknologi 8-in-1 powertrain dan e-platform, mewakili pencapaian luar biasa dalam dunia otomotif. Dengan mengintegrasikan delapan fitur kunci secara sinergis dalam satu kesatuan, BYD membuka babak baru dalam transformasi industri, mengarahkan kita ke arah mobilitas yang lebih efisien, inovatif, dan berkelanjutan. Inovasi ini mencerminkan komitmen BYD untuk membentuk masa depan transportasi yang lebih cerdas, ramah lingkungan, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat global," kata Tatsuya Mikami, Chief Advisor BYD Japan, Jumat, 23 Februari, di JIExpo Kemayoran. 

Tatsuya Mikami membeberkan berbagai kelebihan terutama pada teknologi e-platform 3.0. MenurutnyaBYD memiliki platform yang lebih canggih dan berteknologi tinggi. Dengan keterangan Huruf “E” di depan kata platform menunjukkan koneksi elektrik pada platform tersebut, dan menambahkan 3.0 di belakangnya karena terintegrasi dengan blade battery.

"E-platform 3.0 memiliki empat keunggulan yang menjaga performa EV BYD secara menyeluruh. Rancangan eksklusif pada bodi e-platform 3.0 menjamin keamanan kendaraan listrik murni karena blade battery dipasang menempel dengan bodinya, sehingga bisa memantau suhu dan menjaga kekuatan bodi," tambahnya. 

Dia mengatakan, keamanan e-platform 3.0 juga ditunjang dengan estetika bodi mobil yang lebih rendah dan basis roda yang lebih panjang, sehingga membebaskan desain aerodinamis kendaraan dan menjadikan tampilan mobil yang lebih baik. 

Dari segi efisiensi, e-platform 3.0 memiliki sistem tenaga listrik efisiensi tinggi 8-in-1 pertama di dunia yang mencapai 89 persen melalui integrasi antara motor dengan kontrol sistemnya sehingga menyebabkan berat dari keseluruhan kendaraan ini jadi lebih ringan dan meningkatkan efisiensinya. Kemudian, e-platform 3.0 memiliki sistem yang saling terintegrasi dengan seluruh kontrol sistem yang tidak ditemui di kendaraan-kendaraan lainnya. Hadirnya sistem ini memudahkan pengendara agar lebih terbiasa mengendarai EV BYD dengan nyaman. 

Tak hanya itu saja, e-platform 3.0 BYD menghadirkan pandangan inovatif dalam pengembangan kendaraan listrik yang menggabungkan sejumlah aspek positif, seperti ketahanan, keselamatan, teknologi, dan kecerdasan, yang bersinergi untuk meningkatkan performa efisien kendaraan listrik BYD. Dalam perancangan e-platform 3.0, BYD mengintegrasikan motor, gearbox, inverter, konverter DC, dan komponen penting lainnya ke dalam satu unit, memberikan keuntungan berupa penghematan ruang di bodi mobil. 

"Pendekatan ini tidak hanya mengurangi berat kendaraan dan meningkatkan efisiensi, tetapi juga memaksimalkan ruang kabin untuk kenyamanan pengemudi dan penumpang," tutupnya.