Bagikan:

JAKARTA - Pada era Bugatti memesona masyarakat Prancis dan Bentley memukau di Inggris, Amerika Serikat memiliki jawabannya: Auburn Speedster. 

Diperkenalkan pertama kali oleh perusahaan mobil Auburn di Indiana pada tahun 1928, Auburn Speedster ini terinspirasi dari mobil pameran pabrikan mobil mewah Duesenberg. Produksinya terus berlanjut dengan variasi-variasi menarik hingga tahun 1936.

Kini satu unit Auburn Speedster 1936, sebuah karya seni otomotif Amerika, akan segera ditawarkan dalam sebuah lelang di Miami, AS pada 1-2 Maret 2024 oleh rumah lelang RM Sotheby’s.

5

Dilansir laman RM Sotheby’s, 23 Februari, mobil ini istimewa karena beberapa alasan yang patut diperhitungkan merupakan versi murni dari desain terkenal karya Gordon Buehrig. Satu-satunya yang pernah diproduksi dengan trim Custom dan mesin naturally aspirated. Memiliki mesin, sasis, dan bodi yang masih dalam keadaan asli. Baru saja direstorasi dengan warna aslinya yang menarik, Duck Egg Blue dan merah. Bakan, mobilnya pernah pendapat penghargaan Full Classic dari Classic Car Club of America (CCCA).

Desain Legendaris Gordon Buehrig

6

Speedster 1935–1936 dirancang oleh Gordon Buehrig, seorang maestro desain yang memiliki pengalaman desain awal dengan pabrikan mewah Packard, General Motors, dan Stutz.

Untuk Auburn Speedster ini menampilkan desain yang sangat berani untuk zamannya, dengan bodi melengkung dan garis kap mesin yang memanjang ke belakang dari radiator hingga ke kaca depan berbentuk V tajam, di antara sepatbor ponton yang elegan. Desain belakangnya yang khas, dengan hiasan krom dan striping elegan, membuatnya mendapat julukan abadi, "Boattail".

7

Performa dan Kisaran Harga

5

Speedster ini memiliki performa yang mengesankan, sebagaimana model-model Auburn supercharged lainnya. Tenaganya dialirkan ke poros belakang Columbia dual-ratio, fitur standar pada model-model supercharged, yang menyediakan dua rasio untuk setiap gigi, baik rendah maupun tinggi. Fitur ini menjadikan Auburn supercharged sebagai "mobil pengemudi" yang ideal untuk melintasi kota maupun berlomba di jalanan pedesaan.

Meskipun sebagian besar speedster tampil glamor dengan mesin supercharged, catatan pabrik Auburn menunjukkan unit ini satu-satunya speedster naturally aspirated yang dibuat dengan trim Custom tertinggi dan poros belakang Dual Ratio dua kecepatan. 

Mobil ini dirakit bukan di Connersville seperti kebanyakan Auburn 1935–1936, melainkan di fasilitas produksi Auburn asli di kota kelahirannya, Auburn, Indiana.

Terakhir, soal harga RM Sotheby's memiliki taksiran harga yang cukup tinggi untuk Auburn Speedster 1936 akan dilego antara 700 ribu-900 ribu dolar AS atau setara Rp11 miliar-Rp14 miliar.