Porsche Resmi Rilis Generasi Terbaru Macan dalam Versi EV di Singapura
Macan 4 dan Macan Turbo, 2024. (Dok. Porsche AG)

Bagikan:

JAKARTA - Sepuluh tahun setelah peluncuran pertamanya, Porsche kini memperkenalkan generasi kedua model Macan di Singapura dalam versi kendaraan listrik (EV). Mobil ini hadir dengan desain, powertrain, dan teknologi yang sepenuhnya baru.

"Kami membawa Macan ke level yang benar-benar baru dengan E-Performance yang luar biasa, Driver Experience terbaru, dan desain yang sangat mengesankan," kata Oliver Blume, Chairman Executive Board Porsche AG, dilansir laman resmi perusahaan, Jumat, 26 Januari.

Dimensi SUV ini mencakup panjang 4.784 mm, lebar 1.938 mm, tinggi 1.622 mm, dan wheelbase 2.979 mm. Tampilan dinamisnya diperkuat oleh pelek 22 inci yang dipasang.

Bagian eksteriornya dilengkapi dengan dua unit lampu DRL empat titik yang mempertegas desain mobil. Modul lampu depan utama dengan teknologi LED matriks opsional diposisikan sedikit lebih rendah di ujung depan.

Porsche tetap mempertahankan desain flyline dengan jendela belakang yang datar, sementara bagian sampingnya dikombinasikan dengan pintu dan kaca frameless yang memberikan kesan kemewahan dan sporty.

8
Macan Turbo

Di bagian dalam, Macan EV dilengkapi dengan layar free-standing 12,6 inci, yang terdiri dari instrumen kluster melengkung dan layar tengah 10,9 inci. Penumpang, untuk pertama kalinya, dapat melihat informasi tentang penyetelan sistem infotainment atau streaming video melalui layar opsional 10,9 inci saat mobil dikemudikan.

9

Sistem infotainmen didasarkan pada Android Automotive OS dan didukung oleh Porsche Communication Management (PCM) sebagai standar untuk memberikan kinerja komputasi terbaik. Melalui sistem suara 'Hey Porsche', pengguna dapat melakukan berbagai pengaturan seperti menyarankan rute dan pemberhentian pengisi daya secepat kilat.

9
Macan 4, sebagai tipe standar

Dibangun di atas arsitektur Premium Platform Electric (PPE) bertegangan 800V, Macan 4, sebagai tipe standar, ditenagai oleh motor listrik berkekuatan 408 ps dan torsi 650 Nm. Sementara varian Turbo memiliki tenaga tertinggi sebesar 639 ps dengan torsi dahsyat 1.130 Nm.

Dengan demikian, model ini dapat mencapai kecepatan dari 0 ke 100 km/jam dalam 5,2 detik untuk tipe standar dan secepat 3,3 detik untuk Turbo. Keduanya memiliki kecepatan tertinggi masing-masing 220 km/jam dan 260 km/jam.

9

Dilengkapi dengan baterai listrik lithium-ion kapasitas kotor 100 kWh (95 kWh aktif), mobil ini dapat menempuh jarak 613 km untuk tipe standar dan 591 km untuk varian Turbo. Pengisian daya cepat DC 270 kW memungkinkan mobil ini mengisi daya dari 10 hingga 80 persen dalam 21 menit. Macan EV juga kompatibel dengan pengisian daya 11 kW untuk penggunaan di area perumahan.

Untuk meningkatkan kenyamanan, model ini akan dilengkapi dengan sistem Porsche Active Suspension Management, teknologi peredam dua katup, suspensi udara, rear-axle transverse lock, dan berbagai fitur lainnya.

Produksi model utilitas ini akan dilakukan di pabrik milik Porsche di Leipzig, dan unit pertama dijadwalkan akan dikirimkan kepada pelanggan pada paruh kedua tahun ini. Sejak tahun 2014, merek Jerman ini telah berhasil mengirimkan sebanyak 800.000 unit Macan ke seluruh dunia, dan diharapkan versi EV ini akan melanjutkan kesuksesan tersebut.