Bagikan:

JAKARTA - Tahun ini, model Golf menyentuh usia 50 tahun. Untuk merayakan pencapaian yang fenomenal ini, Volkswagen sebagai produsen menghadirkan versi peningkatan mencakup teknologi baru serta efisiensi sistem penggerak.

Thomas Schafer, selaku CEO Volkswagen Passenger Cars, menyebut model ini telah memberikan kontribusi yang luar biasa bagi perusahaan selama setengah abad dan diharapkan Golf terbaru ini dapat memuaskan kebutuhan para penggunanya.

“Hal inilah yang kini kami bangun dalam tahap evolusi baru, dengan efisiensi, kenyamanan dan kualitas yang lebih tinggi serta konsep pengoperasian yang baru,” kata Schafer dalam laman resmi merek, Rabu, 24 Januari.

Perubahan pada model ini mencakup lampu depan dan belakang terbaru serta tampilan depan yang lebih segar dari sebelumnya. Salah satu yang menonjol adalah logo ‘VW’ yang dapat menyala untuk pertama kalinya pada model Golf.

8

Kemudian, disediakan juga lampu depan matriks LED IQ.Light dengan kualitas terbaik yang dapat memberikan jangkauan pencahayaan hingga 500 m. Lampu belakang juga dibekali LED 3D IQ.Light di kedua sisinya mendapat pembaruan desain.

Berpindah ke bagian dalam, mobil ini dilengkapi dengan sistem infotainmen yang intuitif serta layar sentuh yang berdiri bebas dengan ukuran hingga 32,8 cm. Ini memiliki fitur penggeser sentuh yang dapat mengatur kontrol suhu dan volume. Selain itu, infotainmennya telah terintegrasi dengan ChatGPT.

8

Yang terbaru ialah setir kemudi multi-fungsi yang ditingkatkan serta asisten suara IDA terbaru. Sistem IDA tidak hanya berguna untuk mengontrol berbagai fungsi seperti AC, telepon, ataupun navigasi, melainkan juga dapat mengakses informasi online dari semua bidang.

Fitur canggih lainnya juga dihadirkan dalam hatchback andalan milik VW ini, terdiri dari Park Assist Plus yang ditingkatkan, berguna untuk mendeteksi ruang parkir dan memulai prosedur memarkirkan kendaraan dengan benar.

Sistem canggih lainnya ialah Area View, yang dapat menampilkan keliling 360 derajat dibuat dengan menggabungkan empat kamera, dan tampilan sekitar dapat terlihat di layar sentuh infotainmen.

VW menawarkan sembilan opsi mesin yang berbeda, terdiri dari mild-hybrid (eTSI), plug-in hybrid (eHybrid atau GTE/PHEV), bensin turbocharged (TSI), dan diesel turbocharged (TDI) akan tersedia untuk lini produksi pada tahap peluncuran.

Untuk sistem PHEV, hatchback tersebut dapat menawarkan daya jangkauan listrik hingga 100 km. Sedangkan, versi mild-hybrid akan dibekali dengan baterai 48V yang menawarkan efisiensi bahan bakar mengesankan.

Sayangnya, pabrikan dari Jerman ini tidak mengungkapkan harga dan waktu pasti peluncuran model tersebut. Selama 50 tahun, Volkswagen telah memproduksi sebanyak 37 juta unit Golf terdiri dari delapan generasi di berbagai penjuru pasar global.