Bagikan:

JAKARTA - Lexus, merek otomotif mewah asal Jepang resmi memperkenalkan varian terbawah dan terbaru dari mobil listriknya, yakni RZ 300e, di pasar Jepang.

Dilansir dari Carscoops, Sabtu, 2 Desember, crossover ini memiliki beberapa perbedaan dengan tipe RZ 450e, yakni suspensi dan powertrain terbaru.

Anggota terbaru dari model RZ dibekali dengan pegas, stabilisator, dan peredam kejut yang dioptimalkan.

Pabrikan mengatakan, ubahan pada sistem suspensi ini membuat RZ 300e menjadi lebih stabil dan gesit. Hal ini sekaligus memanfaatkan perbedaan bobot 100 kg antara tipe 300e dengan 450e.

Berpindah ke tenaga internal, model ini dilengkapi dengan motor listrik tunggal yang terletak pada bagian depan. Sehingga, mobil ini memiliki tenaga mencapai 201 dk dan torsi 266 Nm. Berbeda dengan versi 450e yang memiliki motor listrik ganda dengan sistem all-wheel drive dengan tenaga 308 dk.

6

Meskipun powertrainnya berbeda, RZ 300e mengusung baterai yang sama dengan 450e, dengan kapasitas 71,4 kWh yang dilengkapi dengan Thermal Management System untuk menjaga suhu baterai.

Dengan baterai tersebut, SUV ini memiliki daya jangkauan hingga 599 km menurut perhitungan WLTC serta tergantung dari pemilihan pelek. Bila pelanggan memilih ukuran roda lebih besar, maka itu akan mengurangi jarak tempuh dari kendaraan.

Saat ini, varian dasar dari RZ tersebut hanya dijual untuk pasar Jepang dengan banderol harga mencapai 8,2 juta yen atau setara Rp863,7 jutaan. Harga ini lebih murah 600.000 yen dibandingkan RZ 450e, yang setara dengan penghematan sekitar 7 persen.

Lexus juga mengumumkan rencana menghadirkan RZ ke sembilan negara dan wilayah baru, termasuk Amerika Tengah dan Selatan. Pengenalan RZ 300e ini juga akan membantu Lexus mempercepat transformasinya menjadi merek mobil listrik sepenuhnya di masa depan.