Bagikan:

JAKARTA - Lexus merupakan merek mewah yang juga berkomitmen serius dengan kendaraan listrik di masa depan. Untuk memperkuat perencanaan, mereka akan meluncurkan mobil konsep EV generasi berikutnya dalam waktu dekat.

Adapun acara yang dipilih Lexus untuk mengenalkan mobil konsep ini adalah gelaran Japan Mobility Show yang berlangsung pada 26 Oktober hingga 5 November mendatang. Konsep itu disebut mengadopsi struktur bodi modular, serta baterai terbaru yang kabarnya mampu menawarkan jangkauan hingga 800 km.

Melansir InsideEVs, Rabu, 20 September, Lexus mengatakan mobil listrik generasi berikutnya akan debut pada 2026 mendatang dengan metode produksi yang berubah secara drastis dan platform perangkat lunak terbaru.

Namun merek dari Jepang ini tidak memberikan detail lebih lanjut tentang model konsepnya, yang jelas berita tersebut muncul hanya satu hari setelah Toyota, perusahaan induk, memamerkan struktur modular untuk kendaraan listrik serta kurang dari seminggu setelah pengumuman kendaraan Toyota terbaru bertenaga baterai lithium-ion akan hadir pada tahun 2026.

Selain itu, harga baterainya diklaim lebih murah 20 persen dibandingkan paket yang ada pada Toyota bZ4X, model yang satu platform dengan Lexus RZ yang beberapa waktu lalu diluncurkan.

Diperkirakan brand Lexus akan mengadopsi perencanaan yang sama seperti perusahaan induknya dengan menggunakan baterai solid-state yang akan tiba pada 2027 mendatang dengan jarak tempuh lebih dari 1.000 km yang dapat mengisi daya dari 10 ke 80 persen dalam 10 menit.

Mengenai struktur bodi modular, sebelumnya Toyota telah menampilkan gambar struktur tiga bagian yang terdiri dari motor listrik, suspensi, dan kemudi di modul depan. Pendekatan ini juga menggunakan elemen giga-casting terbaru yang dikembangkan perusahaan demi meminimalisir proses dan meningkatkan produktivitas. Kemungkinan, Lexus juga akan melakukan pendekatan tersebut.

Sama seperti perusahaan induknya, Lexus belum memiliki banyak model EV. Perusahaan berlogo "L" tersebut baru menyediakan UX 300e dan RZ 450e dalam jajaran kendaraan listrik di pasar global.

Namun mereka juga menegaskan seiring berkembangnya zaman, produsen mobil mewah tersebut akan melanjutkan pengembangan teknologi demi menyediakan produk elektrifikasi yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.