Bagikan:

JAKARTA - Menandai secara resmi dilakukannya ekspor perdana MT-07 ke pasar Eropa, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) baru saja melakukan seremoni pada Senin, 18 September 2023 di head office YIMM, Pulogadung Jakarta Timur.

Diketahui, YIMM dipercaya oleh Yamaha Motor Company (YMC) menjadi basis produksi untuk model MT-07 yang ditujukan untuk pasar Eropa. Ini merupakan pencapaian pertama kali bagi pabrik ini, yang sebelumnya fokus pada motor bermesin 250 cc ke bawah.

Keputusan ini menjadi bukti nyata bahwa YIMM tidak hanya diberi kepercayaan untuk memproduksi motor bermesin kecil, tetapi juga memiliki kemampuan untuk merakit kendaraan roda dua yang lebih besar, termasuk model seperti R3, MT-03, dan yang terbaru, MT-07.

6

MT-07 adalah bagian dari lini MT Series yang populer di kalangan penggemar big bike. Motor ini menampilkan desain khas MT yang mencerminkan karakter Hyper Naked. Desain gagah MT-07 terlihat dari lampu LED Projector yang meningkatkan visibilitas dengan pencahayaan maksimal, dilengkapi dengan DRL dan sein LED. MT-07 juga memiliki speedometer digital LED dengan layar TFT 5 inci yang terhubung ke smartphone.

Selain itu, pengendalian MT-07 sangat baik berkat posisi handlebar yang tinggi dan lebar yang meningkatkan kenyamanan. Motor ini juga dilengkapi dengan dual front disc brakes berdiameter besar 298 mm yang memberikan pengereman progresif di semua kecepatan. Ban Michelin Road 5 yang digunakan oleh MT-07 juga memberikan pengendalian maksimal.

Performa mumpuni MT-07 didukung mesin 689 cc 2 silinder, menggunakan teknologi crossplane, berpendingin cairan (standar Euro 5). Dikenal dengan karakter Master of Torque, torsi maksimal yang dihasilkan mesin MT-07 adalah 67 Nm pada 6.500 rpm. Sedangkan tenaga maksimalnya 54 kW pada 8.750 rpm.

Dyonisius Beti, Presiden Direktur dan CEO PT YIMM, mengungkapkan rasa bangga mereka atas kepercayaan ini dan pencapaian memproduksi moge pertama yang benar-benar dirakit di Indonesia. Ia juga menyatakan bahwa MT-07 saat ini menduduki posisi teratas di kelasnya di pasar Eropa, yang semakin memacu semangat untuk memproduksi motor ini.

"Kami yakin bahwa dengan peningkatan kemampuan produksi MT-07 di YIMM, ini akan menjadi lompatan besar yang akan membawa kita menuju varian-varian motor besar berikutnya, serta memperkuat kepercayaan terhadap kualitas produksi Yamaha Indonesia," ujar Dyonisius dalam keterangan yang diterima VOI pada Senin, 18 September.

4

YIMM telah lama berkecimpung dalam produksi kendaraan roda dua Yamaha selama lebih dari 50 tahun. Mereka memiliki fasilitas perakitan yang memenuhi standar internasional yang terletak di Pulogadung, Jakarta Timur, dan Karawang, Jawa Barat.

Saat MT-07 menjadi model yang akan diekspor ke luar negeri untuk pasar global, perusahaan ini telah sukses memproduksi lebih dari 2 juta unit motor yang telah dikirim ke lebih dari 40 negara di Asia, Eropa, Amerika, Australia, bahkan Afrika.