Bagikan:

JAKARTA - Toyota Yaris mengalami pembaruan untuk pasar Malaysia dengan peningkatan yang membuatnya lebih menarik. Hatchback ini kini hadir dalam dua varian yang berbeda, yaitu 1.5E dan 1.5G, masing-masing dengan fitur andalan yang unik.

Melansir Paultan, Senin, 18 September, kedua varian ini dilengkapi dengan lampu depan LED yang dilengkapi dengan fitur follow-me-home dan penyesuaian level manual, serta lampu belakang LED. Keduanya juga dilengkapi dengan kaca depan akustik, lampu kabut LED di bagian depan, lampu kabut halogen di bagian belakang, kaca spion yang dapat dilipat otomatis dengan indikator, dan pelek berukuran 16 inci dengan ban berukuran 195/50.

Bagian dalam kedua varian ini menawarkan jok kain hitam dengan kursi belakang yang dapat dilipat dengan rasio 60:40, panel instrumen Optitron dengan layar multi-informasi seukuran 4,2 inci, serta mode berkendara Sport dan Eco, yang dapat disesuaikan sesuai dengan preferensi pembeli. Tidak hanya itu, Yaris juga dilengkapi dengan pelat yang menyala untuk memberikan sentuhan kenyamanan yang lebih modern.

Yaris terbaru ini juga membanggakan sistem infotainmen terintegrasi 9 inci yang mendukung Apple CarPlay dan Android Auto secara nirkabel, sementara pengisian daya nirkabel untuk perangkat genggam pengguna juga tersedia. Untuk pengisian daya melalui kabel, terdapat satu port USB-A di bagian depan dan dua port USB-C untuk penumpang di bagian belakang.

Perbedaan utama antara kedua varian ini terletak pada kenop tuas persneling dan roda kemudi. Varian 1.5E menggunakan bahan uretan untuk kenop tuas persneling, sementara varian 1.5G menggunakan bahan kulit. Varian E masih menggunakan AC manual, sementara varian G mengadopsi AC otomatis. Tipe E juga memiliki sistem audio yang lebih sederhana dengan empat speaker, sedangkan tipe G dilengkapi dengan enam speaker.

Keamanan menjadi prioritas, dan keduanya dilengkapi dengan sejumlah fitur keselamatan standar, termasuk Pre-Collision System, Lane Departure Alert, 3D Panoramic View Monitor, Blind Spot Monitor, Rear Cross Traffic Alert, ABS, VSC, Traction Control, Hill Start Assist, front DVR yang kini menjadi standar, Emergency Stop Signal, Automatic Door Locks, dan tujuh airbag.

Kedua varian ini ditenagai oleh mesin 2NR-FE berkapasitas 1.496 cc, dengan konfigurasi 4-silinder segaris yang bekerja tanpa turbocharger. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 105 dk dan torsi sebesar 140 Nm, yang disalurkan melalui transmisi CVT dengan mode shiftmatic yang mensimulasikan tujuh percepatan.

Dengan pembaruan ini, Yaris terbaru dapat dibeli mulai dari 88.000 ringgit atau sekitar Rp288,4 juta untuk tipe 1.5E, sedangkan tipe 1.5G dihargai sekitar 91.000 ringgit atau sekitar Rp298,3 juta. Dengan peningkatan ini, harga kedua varian Yaris ini naik sebesar 4.700 ringgit dan 4.000 ringgit (sekitar Rp15 juta dan Rp13 juta) dibandingkan dengan model sebelumnya.