Bagikan:

YOGYAKARTA – Jas hujan adalah jubah tahan air yang dapat digunakan untuk melindungi diri dari guyuran air hujan. Nah, di tengah musim hujan, sudahkah Anda memiliki jas hujan? Jika belum, ada baiknya Anda mengetahui jenis-jenis jas hujan sebelum membelinya. Pasalnya, jas hujan memiliki jenis yang beragam, mulai dari model ponco, overcoat hingga jas hujan ekonomis.

Jenis-Jenis Jas Hujan

Dirangkum dari berbagai sumber, Kamis, 30 November 2023, berikut jenis-jenis jas hujan yang dapat melindungi tubuh dari guyuran hujan:

1. Jas hujan model ponco

Jas hujan model ponco adalah jenis jas hujan yang paling sering digunakan oleh pengendara roda dua.

Jas hujan model ponco mempunyai satu lubang kepala dan kedua lengannya lebar seperti kelelawar. Di kedua sisinya terdapat kancing yang berfungsi menghalangi air supaya tidak merembes ke badan.

Bagi pengendara motor yang sering membawa penumpang, jas hujan model ini bisa menjadi pilihan. Anda dapat memilih jas hujan ponco tandem yang memiliki dua lubang kepala.

Selain itu, jenis jas hujan ini juga cocok dikenakan ketika Anda sedang membawa barang atau tas ransel, sebab modelnya lebar sehingga bisa menjaga barang bawaan dari guyuran air hujan.

Bila Anda seorang diri, bagian belakang jas hujan harus diduduki supaya tidak melayang-layang ketika terkena angin.

2. Jas hujan model overcoat

Jenis jas hujan ini kerap dipakai oleh orang pabrik karena dianggap cukup aman dengan standar para pekerja pabrik. Selain itu, jas hujan model ini juga sering digunakan oleh polisi ketika bertugas di tengah hujan.

Jas hujan overcoat memiliki bahan yang tebal sehingga tak mudah sobek. Oleh sebab itu, tak heran bila harganya cukup mahal.

Jas hujan overcoat menggunakan bahan PVC yang lebih kedap air ketimbang bahan parasut.

3. Jas hujan model rok atau gamis

Jenis jas hujan ini cocok digunakan oleh wanita yang suka memakai rok atau pakaian panjang tertutup. Karena memiliki ukuran yang lebar di bagian bawah, sehingga pengendara lebih leluasa untuk bergerak. Selain itu, penutup kepalanya juga dibekali dengan tali pengikat.

Hanya saja, jas hujan model rok cukup riskan bila digunakan sembari mengendarai motor dengan dek yang tinggi, seperti motor bebek atau motor sport. Oleh sebab itu, bila ingin memakai jas hujan ini, gunakan motor matic dengan dek yang rendah agar tidak membatasi ruang gerak kaki.

4. Jas hujan model training

Jas hujan model training hanya dapat melindungi satu orang. Bentuknya seperti setelan celana dan atasan lengan panjang.

Jika Anda membawa tas ransel, Anda perlu melapisinya dengan cover bag supaya tas dapat terlindung dari guyuran hujan.

Jas hujan model training lebih fleksibel ketimbang jas hujan model rok, sebab dapat digunakan oleh pengendara motor matic maupun motor sport.

5. Jas hujan ekonomis

Disebut jas hujan ekonomis karena harganya sangat murah. Di pasaran, jenis jas hujan ini dijual dengan harga di bawah 10 ribu.

Jas hujan ini terbuat dari bahan plastik dan mudah sobek. Namun, jika Anda berada dalam situasi mendesak dan membutuhkan jas hujan sekali pakai, jenis jas hujan ini bisa menjadi pilihan.

Demikian informasi tentang jenis-jenis jas hujan. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.