Bagikan:

JAKARTA - Volkswagen menarik kembali atau recall 23.883 unit kendaraan listrik ID.4 lansiran 2023-2024 di Amerika Serikat, dikarenakan adanya masalah pelindung matahari atau sunshades yang tak mendapat lapisan yang tepat atau tidak tahan panas. 

Dikutip dari laman Electrek, Sabtu, 18 November, recall tersebut laju pembakaran material pada komponen tersebut terkadang melebihi batas maksimum, dan sudah dilaporkan ke Administrasi Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA).

Sebenarnya masalah ini sudah diketahui VW pertama kali pada bulan Mei 2023, dan telah menghubungi pihak pemasok utamanya yakni, Automotive Mexico Body Systems untuk memastikan masalah yang terjadi. 

Dari uji coba yang dilakukan menemukan hasil yang tidak konsisten, sehingga Volkswagen belum mengetahui lebih pasti terkait masalah tersebut, dan terus akan mendalami kasus tersebut. 

Namun perusahaan tetap mengambil sikap dengan memutuskan melakukan penarikan (recall), untuk kendaraan yang diproduksi sebelum tanggal 1 Agustus, setelah tanggal tersebut VW mengkalim sudah melakukan restorasi. 

Pemilik Volkswagen ID.4 akan diberitahu melalui surat yang dikirimkan mulai 5 Januari 2024, dan akan diminta untuk pergi ke dealer resmi untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut, dan semua tidak dipungut biaya karena masih dalam masa garansi.