Empat Pabrikan Serentak Tarik Kembali 54 Ribu Kendaraan di Korea Selatan, Ini Masalahnya
Volkswagen ID.4. (Dok. Volkswagen Group)

Bagikan:

JAKARTA - Empat pabrikan memutuskan untuk melakukan penarikan kembali secara sukarela di wilayah Korea Selatan. Pabrikan tersebut ialah Kia Corp., Volkswagen Group Korea, Ford Sales and Service Korea, dan Stellantis Korea.

Jumlah kendaraan terdampak sebanyak 54.412 unit dari sembilan model yang berbeda. Beberapa model tersebut memiliki kerusakan dan kendala tersendiri yang mengakibatkan terjadinya recall.

Dikutip pada laman Yonhap, Selasa, 7 Juni, salah satu mobil mini Kia Ray memiliki masalah pada perangkat lunak pada bagian dasbor. Sementara itu, VW ID.4 mengalami masalah pada sistem penguncian pintu yang rusak.

Salah satu merek dari Stellantis, Jeep, juga menarik kembali Grand Cherokee yang diimpor Stellantis Korea, dengan masalah pada perakitan poros perantara pada transmisi.

Pemilik kendaraan dapat mengunjungi pusat perbaikan dan layanan yang ditunjuk oleh perusahaan-perusahaan tersebut untuk mengganti komponen secara gratis.

Ini bukan pertama kalinya model-model tersebut terdampak penarikan kembali. Sebelumnya, VW ID.4 juga harus ditarik kembali dikarenakan pintu dapat terbuka sendiri saat mobil melaju pada kecepatan rendah.

Saat itu, VW menarik sebanyak 35.325 unit ID.4 karena pegangan pintu tersebut tidak memenuhi spesifikasi dan melakukan recall pada mobil produksi Desember 2020 hingga Desember 2022.

Sebelumnya juga, Jeep Grand Cherokee harus ditarik kembali. Tidak seperti VW ID.4 dengan masalah yang sama, Grand Cherokee sebelumnya harus recall akibat kesalahan pada pemasangan sistem kemudi. Penarikan tersebut hanya di wilayah AS dengan pabrikan menarik sebanyak 89.372 unit yang beberapa di antaranya Grand Cherokee produksi 2022-2023 dan Grand Cherokee L 2021-2023.