Volkswagen Tarik Kembali Model ID.4, Golf R, dan GTI di AS dengan Masalah Berbeda
Volkswagen Golf GTI. (Dok. Volkswagen Group)

Bagikan:

JAKARTA - Volkswagen menghadapi program penarikan kembali di Amerika Serikat yang melibatkan dua modelnya dengan masalah yang berbeda. Recall tersebut melibatkan model ID.4 2022 yang mengalami masalah pada kamera cadangan, sementara Golf R dan GTI mengalami masalah pada penyangga.

Meskipun jumlah unit yang terdampak tidak banyak, terdapat empat unit VW ID.4 yang terkena dampak, sedangkan Golf R dan GTI mencapai 59 unit.

Permasalahan pada VW ID.4 disebabkan oleh masalah perangkat lunak yang tidak terjadi di pabrik. Kendaraan-kendaraan tersebut menerima sistem infotainmen pengganti yang tidak sesuai dengan pasar AS. Hal ini dapat menyebabkan gambar kamera belakang terlambat atau sepenuhnya dinonaktifkan saat kendaraan bergerak mundur. VW akan memperbaiki masalah tersebut dengan pembaruan perangkat lunak kamera belakang yang terkena dampak.

Sementara itu, masalah pada Golf R dan GTI 2023 membutuhkan waktu perbaikan yang lebih lama. Masalah ini terkait dengan dudukan penyangga yang tidak terpasang dengan benar pada 59 unit kendaraan. Meskipun masalah ini tidak membahayakan pengemudi secara langsung, peraturan AS mengharuskan titik pemasangan penyangga tidak berisiko lepas, sehingga Volkswagen harus melakukan recall di pasar.

Volkswagen akan menghubungi pemilik kendaraan pada 18 Agustus dan meminta mereka untuk membawa kendaraan ke diler terdekat guna menangani masalah tersebut.