Pertamina Bakal Kembangkan Paket Baterai untuk Motor Listrik
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - PT Pertamina New & Renewable Energy (NRE) dan Pertamina Patra Niaga mengumumkan akan mengembangkan paket baterai untuk sepeda motor listrik.

Kerja sama kedua anak usaha Pertamina tersebut bersama dengan produsen kendaraan listrik Electrum, disepakati sebagai bagian dari upaya mendukung keberlangsungan ekosistem kendaraan listrik yang baik.

Direktur Perencanaan dan Pengembangan Bisnis Pertamina NRE, Fadli Rahman mengatakan, Indonesia memiliki potensi serta peluang yang besar untuk menjadi pemimpin di industri baterai untuk kendaraan listrik.

Dengan adanya Kerja sama tersebut, ini akan mempercepat ekosistem kendaraan listrik menjadi lebih baik.

"Jika ekosistem kendaraan listrik sudah terbentuk dan solid, maka transisi energi akan lebih cepat terwujud," kata Fadli dalam keterangan resminya, Selasa, 27 Juni.

Ketiga pihak tersebut akan melengkapi rantai pasok industri baterai di Indonesia beserta mendukung sistem hilirisasi produk sel baterai.

Dengan terwujudnya ekosistem kendaraan listrik, kelengkapan fasilitas pendukung, serta sarana prasaran lainnya yang telah terorganisasi dengan baik, maka masyarakat akan lebih mudah mengakses dan diberi kemudahan untuk berpindah ke kendaraan listrik.

Pertamina juga akan memperkuat jaringan distribusi ritel di hilir, yakni salah satunya SPBU yang dikelola oleh Pertamina Patra Niaga dan berjumlah lebih dari 5.000 yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sejauh ini, sejumlah SPBU Pertamina telah menyediakan layanan penukaran baterai untuk motor listrik.

Pertamina merencanakan akan memperluas layanan penukaran baterai ke beberapa SPBU lainnya.

Ini sejalan dengan apa yang dicanangkan oleh pemerintah yang menargetkan penggunaan nol emisi melalui Net Zero Emission pada 2060 mendatang.

Demi bisa meraih target tersebut, Pertamina terus mendorong program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDG’s).

Foto : Penandatanganan kerja sama Pertamina NRE, Pertamina Patra Niaga, dan Electrum untuk pengembangan paket baterai sepeda motor listrik (sumber : ANTARA)

Terkait