Ahok Ungkap Hal Mengejutkan, SPBU Akan Sepi karena Kendaraan Listrik: Mungkin Angkutan di Desa Juga Bakal Pakai Tenaga Listrik
Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok (Foto: Instagram @basukibtp)

Bagikan:

JAKARTA - Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengungkapkan dalam 5 tahun ke depan kendaraan motor yang semula menggunakan bahan bakar minyak akan mulai tergantikan dengan kendaraan berbahan bakar listrik. Dengan demikian, Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) akan mulai ditinggalkan masyarakat.

"Program energi bersih yang digalakan pemerintah ini mungkin 5 sampai 10 tahun lagi akan menjadi ancaman bagi Pertamina yang punya banyak SPBU," ujarnya dalam DBSI Spring Festival yang dilaksanakan secara virtual, Kamis 10 Februari

Dengan didukung pemberian kredit yang murah oleh bank, kendaraan listrik nantinya akan banyak digunakan masyarakat. Ia menambahkan, kendaraan perorangan juga ke depannya akan memanfaatkan energi listrik sebagai bahan bakarnya.

"Belum lagi akan ketemu teknologi baterai yang mungkin akan lebih murah, mungkin angkutan di pedesaan atau pertanian juga akan menggunakan tenaga listrik," imbuhnya.

Mengantisipasi terjadinya hal tersebut, Ahok menuturkan Pertamina akan menggiatkan bisnis retail yang saat ini menjadi andalannya untuk melakukan perubahan dengan membangun logistic supply chain.

"Minimal retail yang kita kuasai tidak hanya produk minyak dan pelumas saja tapi yang lain akan kita kembangkan," kata dia.