Konsumen Jepang Diberi Keistimewaan dengan Kemunculan Varian Pertama "First Edition" pada Seri-5 dan i5 BMW
BMW Seri-5 First Edition. (Dok. Carscoops)

Bagikan:

JAKARTA - BMW resmi memperkenalkan trim tambahan, yakni First Edition, untuk Seri-5 dan i5 terbaru. Namun, pelanggan di Eropa masih harus menunggu karena versi ini terlebih dahulu diluncurkan di Jepang.

Dilansir dari Carscoops, Senin, 13 November, mobil ini mendapatkan pilihan warna safir putih atau hitam dengan perlengkapan kit M Sport dengan pelek berpola bintang 20 inci dan grill ginjal yang ikonik pada kendaraan ini.

5

BMW juga dilengkapi atap panoramik, sistem suara Harmon Kardon yang mewah, serta menutupi permukaan interior dengan campuran kulit imitasi Alcantara dan Veganza. Namun, keunikan kendaraan ini masih ada yang lain.

Pabrikan menghadirkan trim ini dengan mesin berbahan bakar diesel, artinya mobil ini memiliki mesin 2,0 liter turbodiesel 4-silinder segaris dengan penggerak all-wheel drive (AWD) yang menghasilkan tenaga 194 dk dan torsi 400 Nm. Hal ini tergolong unik mengingat popularitas diesel yang tengah menurun.

Namun bila pelanggan merasa tidak cocok dengan mesin tersebut, BMW juga menawarkan Seri-5 dengan mesin bensin dan listrik murni pada model i5 pada trim tersebut. Sayangnya, pabrikan tidak membeberkan informasi mengenai spesifikasinya.

Berbicara soal harga, BMW Seri-5 tersebut mendapatkan banderol harga senilai 9,64 juta yen atau setara dengan Rp997,8 jutaan berdasarkan nilai tukar saat ini. Trim tersebut akan mulai dijual saat ini dan diproduksi hingga Februari. Diharapkan unit pertama akan dikirimkan ke pelanggan pada awal 2024 mendatang.

Sebagai gambaran, harga BMW i5 saat ini adalah sekitar 67.795 dolar AS atau sekitar Rp1,013 miliar untuk varian i5 eDrive40. Sementara, i5 M60 xDrive dijual dengan harga 85.095 dolar AS atau sekitar Rp1,27 miliar.