Ikuti Jejak Tesla, Ford dan Hyundai Bakal Bikin Mobil dengan Teknik seperti Gigacasting
Pabrik Ford. (Foto: Dok. Ford)

Bagikan:

JAKARTA - Ford dan Hyundai telah menandatangani kesepakatan dengan IDRA, salah satu perusahaan pembuat mesin cetak mobil atau casting yang juga memasok Tesla dengan sebutan 'Gigacasting'.

Dikutip dari laman CarBuzz, Minggu, 15 Oktober menurut laporan Reuters pada acara yang diadakan perusahaan baru-baru ini, Idra memamerkan 'gigapress 6.100' bermerek Ford dengan kekuatan penjepit yang diklaim lebih dari 6.000 ton, selain itu juga ada model lain yakni 9.000 ton yang belum bermerek.

Salah satu sumber mengatakan bahwa mesin tersebut milik Hyundai, yang memang ingin menerapkan produksi tersebut ada tahun 2026 mendatang, guna membuat kendaraan listrik lebih efisien.

Pada tahap ini, Ford dan Hyundai akan menggunakan mesin baru untuk penelitian dan pengembangan lebih lanjut. Sebab keduanya berencana untuk menghasilkan lebih banyak kendaraan listrik di masa mendatang.

Sampai saat ini IDRA banjir pesanan, termasuk sudah mengirimkan 12 mesin cetak untuk Tesla guna membuat kendaraan listrik, termasuk Cybertruck yang memang direncanakan meluncur tahun depan.

Seperti diketahui, Tesla menjadi produsen mobil pertama yang menggunakan teknik baru ini, sebab dapat meminimalisir biaya karena menghilangkan pengelasan di berbagai titik, dan dapat mengurangi biaya sekitar 40%, menurut Tesla.

Diharapkan proses ini akan memungkinkan Hyundai dan Ford membuat kendaraan listrik yang lebih murah. Namun, jangan berharap hal itu akan diterapkan dalam waktu dekat, diperkirakan untuk beberapa generasi mendatang.