Ikuti Jejak Tesla, Volvo Resmi Bakal Gunakan Mesin Giga Press untuk Tingkatkan Produksi EV
Giga Press. (Dok. IDRA)

Bagikan:

JAKARTA - Ikuti jejak Telsa, Volvo baru saja menandatangani kontrak dengan pembuat giga press asal Italia, IDRA, untuk memasang dua mesin press terbesarnya di lokasi baru di Slovakia.

Mesin giga press tersebut yang akan digunakan oleh Volvo berbobot 9.000 ton yang disinyalir sama dengan model Giga Press 9000 milik Tesla, yang digunakan untuk membuat Cybertruck, dikutip dari laman Teslarati, Selasa, 14 November.

Seperti diketahui, Volvo sedang dalam proses membangun pabrik senilai $1,25 miliar ( di pabrik Slovakia) yang mampu memproduksi 250.000 kendaraan listrik per tahun. Produksi kendaraan listrik generasi berikutnya dijadwalkan akan dimulai pada tahun 2026.

“Keahlian dan pendekatan berpikiran maju mereka berperan penting dalam pengembangan dan penerapan teknologi Giga Press. Kolaborasi dengan merek ini menunjukkan dedikasi perusahaan untuk mendorong kemajuan dalam industri," tulis IDRA dalam keterangan resminya.

Volvo menjadi pabrikan terbaru yang akan menggunakan teknologi tersebut, di mana sebelumnya Ford dan Hyundai telah menandatangani kesepakatan yang sama.

Dengan kerjasama ini Volvo berharap dapat meningkatkan produksi kendaraan listriknya, serta menghemat pengeluaran lainnya yang juga telah didapatkan oleh Tesla sebagai pionir dengan teknik produksi ini.

Berita mengenai IDRA yang memasok mesin tersebut ke Volvo muncul bukan berita baru, sebab pabrikan tersebut sudah merencanakan dari tahun lalu.