McLaren 750S Rilis Enam Unit 750s Tema 3-7-59, Semua Sudah Terjual
750S 3-7-59. (Dok. McLaren)

Bagikan:

JAKARTA - McLaren, melalui divisi McLaren Special Operations (MSO), memperkenalkan tema corak cat baru 3-7-59 yang mengesankan untuk model 750S mereka yang hadir pada tipe Coupe dan Spider.

Tema cat baru ini hanya untuk enam unit mobil 750S ditujukan sebagai penghormatan terhadap kemenangan bersejarah perusahaan dalam kejuaraan Indy 500, GP Monaco, dan Le Mans.

Kemenangan dalam ketiga balapan tersebut merupakan prestasi unik, menjadikan McLaren sebagai satu-satunya tim dalam sejarah yang meraih Triple Crown motorsport.

5

Para ahli cat di MSO menyebut jika enam mobil ini dicat secara manual dan menghabiskan waktu yang sangat lama. Bayangkan, masing-masing dari enam mobil membutuhkan waktu 1.200 jam untuk pengecatan dan akan memiliki variasi unik dari Tema 3-7-59 yang ditampilkan.

Joshua Doran, Manajer Program di MSO, menjelaskan bahwa proyek ini merupakan proyek cat paling kompleks, rumit, dan memakan waktu terlama yang pernah dikerjakan oleh divisi khusus McLaren.

“Ada berbagai konsep yang dikembangkan, namun sangat penting untuk memiliki ketiga corak pada satu mobil,” tambah desainer spesialis MSO, Charlie Brundle (yang sebelumnya bekerja dengan pelanggan di proyek Solus GT) di ruang media perusahaan, 13 November.

Charlie Brundle juga menambahkan jika dia tidak menginginkan corak bersejarah pada mobil ini namun lebih memilih menciptakan interpretasi modern dari perayaan tersebut dengan menggabungkan seni jalanan dan inspirasi pop art, terutama dari seniman seperti Andy Warhol.

5

Warna-warna mencolok dari #3 Indy 500 pemenang tahun 1974, #7 McLaren pemenang Monaco Grand Prix 1984 milik Alain Prost, dan abu-abu gelap ikonik dari F1 GTR #59 yang membawa kemenangan debut pada Le Mans 24 Hours 1995, membentuk desain yang mencolok dan berani.

Proses pengecatan yang rumit dilakukan pada panel-panel karbon 750S selama berjam-jam. Mobil ini dibongkar sepenuhnya, setiap panelnya diberi masker dengan hati-hati, dan kemudian di-airbrush. Metode tradisional seperti silver leafing juga digunakan, namun MSO menghadirkan teknologi baru, seperti percikan cat di sayap belakang yang dibuat menggunakan cat asli yang dilemparkan ke kertas, kemudian di-scan, di-plot secara digital, dan diterapkan ke mobil dengan semprotan.

Gary Goodman, teknisi dan pencampur warna, yang sudah bekerja dengan McLaren selama sekitar 10 tahun, menyatakan bahwa proyek ini adalah yang paling kompleks yang pernah dia kerjakan.

"Kami benar-benar mendorong batas kemampuan dengan ini ketingkat berikutnya. Tapi itulah yang ingin kami lakukan - ini adalah MSO!" tambah Gary.

5

Tema 3-7-59 juga dilanjutkan ke dalam mobil, dengan detail seperti paddle shift yang dicat tangan dan kunci, serta Alcantara yang diukir laser di bagian belakang kursi. Setiap mobil juga dilengkapi dengan plakat khusus 3-7-59, yang terbuat dari serat karbon asli dari MP4/2 milik Alain Prost yang memenangkan Monaco GP 1984.

7

Setiap contoh dari 3-7-59 akan menjadi unik dan meski desain keseluruhan tetap sama, namun karena dicat manual dengan tangan tentu menghasilkan perbedaan kecil antara setiap mobil.

Secara keseluruhan, proyek ini adalah karya seni yang akan memakan waktu lebih dari satu tahun untuk diselesaikan, diciptakan oleh para ahli di bidangnya.

Nah, jangan ditanya soal harganya yang pasti amat mahal dan biar tahu saja setiap unitnya sudah lama terjual sebelum proyek ini diumumkan kepada publik.

Terkait