Setelah Debut di Indonesia, GWM Tank 500  Dijual di Australia Tahun Depan
GWM Tank 500. (Dok. Drive)

Bagikan:

JAKARTA - Great Wall Motors (GWM), perusahaan otomotif China yang besar, kembali mengumumkan rencana ekspansi pasar, kali ini menuju Australia dengan memperkenalkan model Tank 500.

Kehadiran SUV berukuran besar ini diharapkan akan memberikan warna baru di pasar Negeri Kanguru, terutama setelah GWM menyetujui bahwa model ini akan tersedia dalam varian hybrid dengan konfigurasi tujuh tempat duduk.

Meskipun GWM Australia belum secara resmi mengonfirmasi kehadiran mobil ini, pihaknya telah menyiapkan anggaran untuk proses homologasi sebagai uji kelayakan untuk memasarkan Tank 500 di Australia, seperti yang dilaporkan Drive pada Senin, 13 November.

4

Tank 500 telah beberapa kali terlihat sedang diuji coba di jalan-jalan Australia, dengan bodi kendaraan seluruhnya tertutup oleh jubah kamuflase.

Dimensi besar GWM Tank 500 mencapai panjang 5.078 mm, lebar 1.934 mm, tinggi 1.905 mm, dan wheelbase 2.850 mm. Mobil ini memiliki bobot bersih sekitar 2.630 kg.

Di Australia, model ini akan hadir dengan satu tipe mesin yang telah disetujui, yaitu mesin 2,0 liter turbocharged 4-silinder bensin yang dipadukan dengan motor listrik. Dilengkapi dengan sistem transmisi sembilan percepatan otomatis dan penggerak semua roda (4WD), mobil ini mampu menghasilkan tenaga hingga 345 dk.

GWM Tank 500 dijadwalkan tiba di Australia pada akhir tahun ini atau awal tahun depan, mengingat dokumen sertifikasi pemerintah biasanya diajukan dalam beberapa bulan setelah mobil tersebut dipamerkan di showroom pertama.

Sementara itu, kendaraan ini baru saja diperkenalkan di Indonesia pada bulan Agustus melalui pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 dengan spesifikasi mesin yang serupa dengan model Australia.

Harga resmi untuk SUV mewah ini belum diumumkan, namun diprediksi akan tersedia untuk dijual antara bulan Maret atau April tahun depan.