Bagikan:

JAKARTA - Great Wall Motors (GWM) merek kendaraan asal China memiliki berbagai model mobil yang cukup menarik perhatian, termasuk model konsep Tank 800 yang sempat menjeng di Shanghai Auto Show 2021 silam.

Mengutip dari laman Carnewschina, Sabtu, 11 Mei, ada kabar terbaru tentang mobil tersebut (Tank 800) dimana dikatakan akan meluncur akhir tahun 2024, seperti diungkapkan oleh Chief Growth Officer Great Wall Motor ,Li Ruifeng.

"Tank 800 akan diluncurkan pada akhir tahun ini. SUV terbesar dari merek GWM Tank ini akan menjadi model andalannya," bunyi cuitan tersebut.

Tak ada penjelasan detail tentang mobil satu ini namun diprediksi Tank 800 hampir siap diproduksi, sebab beberapa kali tertangkap kamera sedang uji coba di jalan.

Padal awal tahun lalu, lebih tepatnya 21 Februari, mobil satu ini tertangkap kamera sedang uji jalan meski diselimuti kamuflase penuh. Namun demikian, bisa terlihat sekilas mobil tersebut tidak jauh berbeda seperti konsep yang sempat dipamerkan pada tahun 2021 lalu. Mirip dengan model Tank 500 yang diperbesar dengan gril lurus yang disandingkan dengan lampu persegi.

Sementara itu, pada bagian interior mobil ini serupa dengan Tank 500 terutama pada bagian konsol tengah, tapi terdapat beberapa dekorasi yang disematkan berupa krom membuatnya terlihat istimewa.

 

Tangkap kamera Tank 800 di China/DOK FOTO: Carnewschina

Meski belum diungkapkan detailnya, diperkirakan mobil satu ini akan menggunakan mesin yang sama dengan Tank 700 Hi4-T mengingat dimensinya juga besar. Jika benar, mobil satu ini akan membawa sistem hybrid plugin yang dibangun dengan mesin 3.0 T V6. Mesin tersebut dipadukan dengan motor listrik P2 yang menghasilkan output gabungan sebesar 385 kW dan torsi maksimum 800 Nm.

Soal harga, diprediksi akan dijual sekitar 500.000 yuan atau kisaran Rp1,1 miliaran. Namun angka di atas merupakan prediksi, jadi tidak bisa dijadikan patokan.

Seperti diketahui, GWM terus mengembangkan jajaran produknya, saat ini sudah ada Tank 300, 330, 400, 500 hingga 700. Di Indonesia, baru ada model Tank 500 yang sudah mendarat dan sudah dijual, serta Tank 300 baru diperkenalkan.