Daihatsu akan Hadirkan Konsep Copen Terbaru di Japan Mobility Show 2023
Daihatsu Vision Copen. (Dok. Daihatsu Motor)

Bagikan:

JAKARTA - Copen merupakan satu-satunya mobil roadster yang pernah diproduksi oleh Daihatsu, pabrikan bermarkas di Osaka, Jepang. Mobil ini memiliki desain mungil serta atap yang dapat dibuka.

Mobil ini diperkenalkan pertama kali pada 1999 dalam pameran Tokyo Motor Show namun dalam bentuk konsep. Kemudian, barulah roadster tersebut dipasarkan untuk pertama kali pada 2002 lalu.

Copen saat ini telah lahir dua generasi. Yang pertama diberi kode L880 dengan mesin kapasitas 660 cc. Lalu, generasi kedua diberi kode LA440 dengan mesin yang sama serta desain lebih berbeda. Dalam waktu dekat, diperkirakan seri ini akan mendapatkan generasi terbaru.

Baru-baru ini, Daihatsu mengumumkan akan membawa 'Vision Copen' dalam gelaran Japan Mobility Show 2023. Hal yang menarik lainnya, roadster tersebut memiliki desain yang serupa seperti generasi pertama.

Dilansir dari laman Daihatsu, Jumat, 6 Oktober, mobil konsep tersebut memiliki panjang 3.835 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.265 mm, dan wheelbase 2.415 mm.

Vision Copen memiliki lampu bulat dan grill yang yang sama seperti pendahulunya. Bagian belakang dari mobil ini juga memiliki tampilan khas Copen generasi pertama. Convertible tersebut telah dilengkapi dengan atap buka dan tutup elektrik.

Roadster kompak tersebut memiliki tata letak mesin bagian depan dengan mengusung penggerak roda belakang. Berbeda dari sebelumnya, Vision Copen dikabarkan akan menggunakan bahan bakar bebas karbon (CN Fuel).

Untuk bagian mesin, Daihatsu menyematkan mesin dua kali lebih besar dari sebelumnya, yakni 1.300 cc. Dengan demikian, daya pacu tersebut dapat melebihi 63 dk.

Daihatsu bergabung dengan sejumlah produsen otomotif lainnya yang turut berpartisipasi dalam Japan Mobility Show 2023. Sebelumnya ada Mitsubishi dan Honda, lalu Suzuki yang mengumumkan akan menghadirkan kendaraan segala medan terbaru.

Tidak ketinggalan, brand premium Lexus, anak perusahaan Toyota, juga akan memperkenalkan kendaraan listrik konsep generasi terbaru mereka di acara tersebut. Kendaraan ini menggunakan struktur bodi modular dan dilengkapi dengan baterai terbaru yang kabarnya dapat mencapai jarak hingga 800 km.