Hyundai Ioniq 6 Meraih Penghargaan Mobil Terbaik dari IIHS
Hyundai Ioniq 6. (Dok. Hyundai Motors Indonesia)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah meraih penghargaan World Car of the Year Award 2023, Hyundai Ioniq 6 kembali mendapat sanjungan berkat teknologi dan fitur keamanannya yang mumpuni.

Sedan listrik tersebut meraih penghargaan bergengsi, yakni Top Safety Pick+ Rating dari Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) di AS baru-baru ini.

Ioniq 6 diakui memenuhi evaluasi kelayakan tabrakan IIHS yang lebih ketat dengan sistem pencegahan tabrakan depan yang dirancang untuk melindungi pejalan kaki baik saat siang hari maupun malam hari.

Brian Latouf, selaku Global Chief Safety Officer Hyundai Motor Company, mengatakan bahwa dengan penghargaan tersebut, pihaknya telah memastikan keselamatan pelanggan adalah yang utama serta merupakan inti dari apa yang perusahaannya lakukan selama ini.

"Kami sangat bangga bahwa IONIQ 6 2023 telah meraih penghargaan keselamatan yang signifikan karena hal ini semakin memperkuat upaya Hyundai untuk menjadi pemimpin industri dalam penghargaan IIHS," kata Brian dalam keterangannya, Kamis, 14 September.

6
Foto: IIHS

Dalam penghargaan ini, Hyundai Ioniq 6 berhasil meraih Top Safety Pick+ 2023, dan mencapai nilai tertinggi dalam uji tabrakan pada tumpang tindih sisi pengemudi, sisi penumpang di depan, serta uji samping yang telah diperbarui.

Untuk memperoleh peringkat tertinggi ini, lampu depan kendaraan harus memperoleh nilai "Acceptable" atau "Good," yang telah diwajibkan untuk semua varian, dan sistem pencegahan tabrakan depan harus mendapatkan nilai "Advanced" atau "Superior."

Dalam uji samping yang telah diperbarui, Hyundai Ioniq 6 memperoleh penilaian "Acceptable" atau memadai, dan dalam uji tabrakan pejalan kaki di siang hari, kendaraan ini harus memperoleh nilai "Advanced" atau "Superior."

5
Foto: IIHS

Hyundai Ioniq 6 memiliki dimensi panjang 4.855 mm, lebar 1.880 mm, tinggi 1.495 mm, dan jarak sumbu roda sepanjang 2.950 mm. Dengan ukuran yang luas ini, Ioniq 6 menawarkan kenyamanan bagi penggunanya.

Di Indonesia, Hyundai hanya menyediakan satu varian, yaitu Ioniq 6 All-Wheel Drive (AWD), yang diharapkan mampu bersaing dengan Tesla Model 3 dan Mercedes-Benz EQE Sedan.

Ioniq 6 dilengkapi dengan fitur Hyundai SmartSense yang memberikan keamanan bagi pengguna kendaraan, termasuk Forward Collision-Avoidance Assist 2 (FCA 2), Blind-Spot Collision-avoidance Assist (BCA), Blind-Spot View Monitor (BVM), Driver Attention Warning (DAW) dengan fitur Leading Vehicle Departure Alert, Lane Following Assist (LFA), Lane Keeping Assist - Line/Road-Edge (LKA-L/R), Parking Collision-avoidance Assist-Reverse (PCA-R), Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA), Rear Occupant Alert (ROA), Safe Exit Warning (SEW), Smart Cruise Control (SCC) with Stop & Go Function, dan Surround View Monitor (SVM).

Hyundai Ioniq 6 AWD dijual seharga Rp1,197 miliar On The Road DKI Jakarta. Jika Anda menginginkan pilihan warna Matte, ada tambahan biaya sekitar Rp3,5 juta.