Tesla Model 3 Edisi 2024: Penampilan Baru, Jarak Tempuh Lebih Jauh, dan Pengisian Lebih Cepat
Tesla Model 3 Edisi 2024. (Dok. Tesla)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah berbagai penampakan dan bocoran yang beredar, Tesla Model 3 yang telah diperbarui akhirnya melakukan debut globalnya hari ini di Eropa. Menurut laporan dari akun X Tesla Europe, mobil listrik entry-level ini sekarang hadir dengan peningkatan jarak tempuh, pengisian yang lebih cepat, dan berbagai perubahan baik pada bagian dalam maupun luar.

Dikenal dengan sebutan "Project Highland" secara internal, Model 3 yang telah diperbarui menampilkan bodi yang lebih ramping, peningkatan aerodinamika, dimensinya menjadi sedikit lebih rendah, lebih panjang, dan lebih sempit dibandingkan model sebelumnya karena revisi pada bodi.

Model 3 yang baru juga lebih ringan, dengan berat 1,7 ton, yang merupakan penurunan signifikan dari versi sebelumnya yang beratnya mencapai 1,8 ton. Hal ini menghasilkan peningkatan jarak tempuh yang signifikan. Model Standard Range RWD sekarang dapat menempuh hingga 606 km dengan satu pengisian baterai, dibandingkan dengan hanya 490 km pada model sebelumnya. Sementara itu, Model 3 Long Range AWD meningkat dari 600 km menjadi 629 km.

3

Peningkatan lainnya terdapat pada tingkat pengisian, yang sekarang memungkinkan mobil menempuh jarak hingga 281 km hanya dalam 15 menit pengisian baterai, dibandingkan dengan 236 km pada model sebelumnya.

Dari segi desain, perubahan yang paling mencolok terlihat pada bagian depan yang lebih tegas, dengan garis karakter yang lebih bersih, serta perubahan pada desain lampu depan yang telah dirancang ulang, termasuk lampu LED daytime running signature yang memberikan kesan mirip dengan Tesla Model X yang juga mengalami pembaruan tahun ini.

Lipatan tajam pada tutup mesin kini juga berlanjut hingga ke fender, sementara bagian belakang hadir dengan lampu belakang berbentuk C yang menarik, dan desain roda berbilah baru yang menambahkan unsur estetika.

Tesla juga memperkenalkan dua warna baru, yaitu Ultra Red dan Stealth Gray, yang diklaim akan berubah tampilan sesuai dengan cahaya dan sudut pandang. Kedua warna ini menggantikan Red Multi-Coat sebagai pilihan warna premium.

Untuk interior Model 3, Tesla telah memberikan nuansa ruang santai dengan paduan material aluminium dan kain. Pencahayaan ambient juga ditambahkan, sementara kaca akustik meningkatkan peredam suara. Dilengkapi dengan layar belakang baru berukuran 8 inci yang memiliki kontrol iklim, ventilasi, dan sistem infotainment terintegrasi.

3

Tesla juga menghadirkan sistem audio 17-speaker dengan dua subwoofer dan dua amplifier untuk varian Long Range AWD. Sementara itu, versi Standard Range RWD dilengkapi dengan sembilan speaker, satu subwoofer, dan satu amplifier.

Untuk pengalaman berkendara, kombinasi bodi yang lebih kokoh dan penyetelan suspensi yang diperbarui diklaim lebih nyaman, Tesla juga menggantikan tuas transmisi dengan kendali "gear" di kemudi, mirip dengan yang ada pada Model S dan Model X, yang menghasilkan kualitas pengendaraan yang lebih halus dan santai.

Tesla Model 3 2024 yang baru sudah tersedia di Eropa dan Timur Tengah. Pengiriman di Eropa dan Timur Tengah diharapkan akan dimulai menjelang akhir Oktober, sementara Australia dijadwalkan akan mendapatkannya pada awal tahun depan.

Untuk harga bervariasi menurut pasar, sementara di Jerman model terbaru ini diperkirakan dipasarkan antara 43.970 euro-52.970 euro atau sekitar Rp727 juta-Rp876 juta.