Dibanderol Rp30 Miliar Lebih, Seberapa Mahal Audio Bentley Batur 2023?
Batur 2023. (Bentley)

Bagikan:

JAKARTA - Ketika seseorang mengeluarkan uang puluhan miliar rupiah untuk membeli mobil mewah seperti Bentley Batur 2023, salah satu hal yang mendapat sorotan adalah sistem audionya yang harus sebanding dengan harga mobil tersebut.

Pada Kamis, 31 Agustus, Bentley Motors merilis detail sistem audio luar biasa yang disebut Naim for Mulliner, yang akan dipasangkan dalam Batur edisi terbatas yang hanya tersedia 18 unit. Bentley mengklaim sistem audio ini sebagai salah satu yang terindah yang pernah ada dalam sebuah mobil.

Naim for Mulliner dibuat secara manual oleh Mulliner di Bentley’s Dream Factory di Crewe, Inggris. Dari rilis perusahaan diketahui harganya 25.000 poundsterling atau sekitar Rp 483 juta atau setara harga satu unit Toyota Innova Zenix Hybrid G CVT, sistem ini bahkan lebih mahal daripada koleksi audio mewah Ferrari x Bang & Olufsen serta sedikit di atas harga sistem audio Lamborghini dari iXOOST seperti yang diberitakan sebelumnya.

3

Sistem audio Naim for Mulliner adalah hasil dari 10.000 jam pengembangan antara Naim dan Focal, menunjukkan betapa seriusnya Bentley dalam menghadirkan pengalaman audio terbaik. Bentley menerapkan 56 persyaratan dan rekomendasi ketat untuk setup 20 speaker dalam rangka memenuhi standar tinggi yang sesuai dengan Batur yang dibuat secara eksklusif.

Sistem audio ini terdiri dari berbagai jenis speaker, termasuk enam tweeter, sembilan speaker kelas menengah, dua woofer, dua transduser bass aktif, dan satu sub-woofer. Speaker dan tweeter kelas menengah memiliki driver baru yang dibuat khusus untuk "Naim for Mulliner," sementara woofer dan sub-woofer dimodifikasi untuk meningkatkan performa dan suara yang lebih baik. Speaker ini menggunakan teknologi dari speaker Grand Utopia Focal, termasuk kerucut "M" paten yang memberikan kekakuan, keringanan, dan redaman yang optimal, menghasilkan respons frekuensi yang linier, distorsi rendah, dan suara yang lebih baik.

5

Sistem audio ini diklaim mencerminkan keseimbangan harmoni yang sempurna, dengan semua speaker dirancang secara teliti untuk memberikan pengalaman mendengarkan yang realistis dan mendalam. Pengaturan suara dapat diakses melalui layar sentuh HD berukuran 12,3 inci di tengah dashboard, memberikan pelanggan banyak opsi untuk menyesuaikan pengalaman audio mereka sesuai dengan selera dan suasana hati.

Selain itu, sistem audio Naim for Mulliner kompatibel dengan berbagai platform musik populer seperti Spotify, Apple Music, TIDAL, dan Deezer, memungkinkan pelanggan menikmati berbagai jenis konten audio, mulai dari musik hingga podcast, dengan kualitas suara yang luar biasa.