Bagikan:

JAKARTA - Divisi tim balap milik Mitsubishi Motors, Team Ralliart, mengumumkan akan berkompetisi pada ajang Asia Cross Country Rally yang dimulai pada Agustus 2023 mendatang.

Dalam keikutsertaannya di kancah Asia tersebut, Team Ralliart akan turun dengan mobil generasi terbaru prototype lintas alam dari Mitsubishi Triton Group T1.

Pikap tersebut akan tampil dengan desain serba baru, termasuk rangka, bodi, sasis, maupun mesin.

Pemenang reli Dakar sekaligus direktur Team Ralliart, Hiroshi Masuoka, berpendapat bahwa all-new Triton tersebut akan memiliki performa handling, stabilitas, dan kenyamanan berkendara yang dapat diandalkan dalam mengikuti kompetisi reli.

"Kami telah melakukan uji ketahanan dengan pengaturan lapangan yang lebih sulit daripada kondisi reli yang sebenarnya, kinerjanya dipastikan di luar ekspektasi kami dan memberi kami kepercayaan diri besar untuk kejuaraan kedua berturut-turut kami," ujar Masuoka yang dikutip dari Motor1, Sabtu, 1 Juli.

Kompetisi Asia Cross Country Rally 2023 akan dimulai secara seremonial pada 13 Agustus mendatang di Pattaya, Thailand. Lalu, reli akan dimulai pada hari berikutnya. Para kontestan akan membawa mobilnya melaju melewati perbatasan Kamboja. Peserta akan memasuki Laos pada tanggal 17 Agustus mendatang dan mencapai garis finish pada Sabtu, 19 Agustus.

Selama pergelaran reli, pembalap dituntut untuk melajukan mobilnya hingga 2.000 km, termasuk lebih dari 1.000 km di special stage.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Asia Cross Country Rally 2023 memiliki medan yang beragam, mulai dari pegunungan, hujan lebat, jalan berlumpur, dan penyeberangan sungai.

Medan yang sulit ini akan menjadi pengujian yang sebenarnya dalam hal stabilitas dan ketahanan untuk Triton terbaru. Terlebih lagi, musim hujan sedang melanda Thailand yang berarti kondisinya akan semakin menantang.

Team Ralliart akan kembali turun di ajang ini setelah musim lalu meraih kemenangan secara keseluruhan.

Sementara pembalap yang akan diturunkan untuk mengemudikan Triton terbaru yaitu pembalap Thailand, Chayapon Yotha, juga pembalap asal Jepang, Katsuhiko Taguchi, dan Rifat Sungkar yang merupakan pembalap reli berpengalaman dari Indonesia.

Sebelum menjalani debutnya di kancah reli tersebut, Mitsubishi Triton L200 akan diperkenalkan terlebih dahulu pada 26 Juli mendatang. Dengan desain yang kurang lebih sama dengan XRT Concept, pikap tersebut akan menampakkan wajahnya di Thailand.