Profil Rifat Sungkar Pembalap Reli Indonesia yang Meraih Banyak Prestasi Kancah Internasional
Profil Rifat Sungkar (Instagram/@rifato)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Rifat Sungkar pereli nasional tampil optimis dalam Kejuaraan Reli Asia Pasifik (APRC) bertajuk Danau Toba Rally 2022. Ajang tersebut digelar pada Jumat (23/9) di Aek Nauli, Sumatera Utara. 

Rifat mengungkapkan punya pengalaman yang mumpuni untuk menjalani balapan tersebut. Pria berusia 43 tahun tersebut juga mengatakan telah banyak belajar melakoni trek di lokasi yang sama ketika tampil dalam Kejurnas Danau Toba Rally 2022 yang digelar pada 5-7 Agustus. 

Rifat turun menjalani APRC Danau Toba Rally 2022 bersama navigatornya bernama Ben Searcy yang berasal dari Australia. Rifat tampil mengendarai Mitsubishi Xpander AP4 yang sudah selesai diperbaiki. Tahun 2022 ini menjadi kompetisi reli pertama setelah selama 12 tahun berlaga di arena Sprint Offroad, Sprint Rally, dan Drifting. 

Rifat juga dipastikan bakal injak pedal untuk Mitsubishi Ralliart dalam ajang Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022. Ajang tersebut diselenggarakan di Thailand dan Kamboja pada 21-26 November 2022. 

Rifat optimis untuk kembali mengharumkan nama Indonesia, namun tetap tidak menganggap enteng lawan dan trek lintasan yang dilaluinya. Seperti apa profil Rifat Sungkar dan prestasi-prestasinya?

Profil Rifat Sungkar

Rifat Sungkar dilahirkan di Jakarta pada 22 Oktober 1978. Ia mempunyai nama lengkap Rifat Helmy Sungkar. Istrinya bernama Sissy Priscillia, seorang model, penyanyi, dan presenter. Mereka dikaruniai dua orang anak. 

Rifat berprofesi sebagai pembalap dan olahragawan. Namun ia lebih dikenal sebagai pembalap papan atas Indonesia. Rifat mengenal dunia balap sejak kecil karena dibesarkan dari keluarga pereli.

Rifat menempuh pendidikan jenjang SMA di Jakarta. Setelah itu ia melanjutkan jenjang sarjana di Universitas Trisakti pada tahun (1996-2001). Setelah lulus, ia melanjutkan pendidikan di Deakin University, Melbourne Australia pada tahun 2002-2003. 

Rifat merupakan seorang pembalap profesional yang telah meraih banyak prestasi di kancah internasional. Dedikasinya pada dunia otomotif tidak hanya sebatas sebagai pembalap. Kini Rifat juga menjadi pemerhati otomotif nasional yang sering menjadi pembicara di acara-acara otomotif. Selain itu, Rifat juga mendirikan sekolah mengemudi yang diberi nama Rifat Driving School. 

Prestasi Rifat Sungkar

Sepanjang kariernya dalam dunia balap reli, Rifat Sungkar berhasil menyabet banyak prestasi nasional maupun internasional. Keberhasilannya meraih prestasi sudah sejak tahun 1998-2002. Berikut daftar prestasi Rifat Sungkar:

- 1998 - 2002: 5 kali Juara Nasional Sprint Rally

- 2004: Juara Umum Rally Nasional Group N

- 2005: Runner Up in Malaysian Rally Championship. Juara Nasional Rally 2005

- 2006: Asia Pacific Rally Championship 

- 2007: Juara Kejurnas Rally Indonesia

- 2008: Drift King Indonesia 2008. Asia Pasific Rally Championship

- 2009: Asia Pasific Rally Championship. Juara 2 Asia Cup dalam Asia Pasific Rally Championship

- 2010: Juara 2 Asia Pasific Rally Championship Malaysia

- 2011: Juara Umum 3 Asia Pasific Rally Championship. Juara 2 Pasific Cup

- 2012: 1st Podium Group N World Rally Championship - Fastron World Rally Team

- 2013: Rally American - Fastron World Rally Team

- 2019 & 2021: Meraih kemenangan umum Indonesia Sprint Rally Championship

Itulah profil Rifat Sungkar dan deretan prestasinya selama berkarir di dunia balap reli hingga saat ini. Rifat menjadi pembalap reli kebanggan Indonesia yang sering mengharumkan nama bangsa.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.