Bagikan:

JAKARTA - Porsche mengumumkan konsep baru bernama Mission X, supercar listrik satu-satunya menurut perusahaan yang bisa diproduksi.

Mission X menjadi lebih dari sekadar konsep, Porsche mengatakan dalam ruang media perusahaan, 8 Juni, mobil konsep ini memiliki visi bisa menciptakan mobil jalan raya tercepat yang bisa diuji di Nürburgring Nordschleife—sebuah rekor yang saat ini dipegang oleh Mercedes-AMG One.

Visi selanjutnya adalah mobil ini memiliki downforce lebih tinggi dari 911 GT3 RS saat ini atau mobil dapat melibas tikungan dengan kecepatan tinggi tanpa spin.

Selanjutnya, sistem listrik mobil diharapkan mampu mengisi daya sekitar dua kali lebih cepat daripada Taycan Turbo S berkat arsitektur 900 volt. Dan baterainya akan dipasang secara terpusat di belakang jok kendaraan.

3

Porsche menggambarkan Mission X sebagai "puncak kinerja dan kemewahan modern," dengan garis-garis halus dan proporsi yang dapat dibandingkan dengan Carrera GT dan 918 Spyder.

Rodanya berbeda ukuran, dengan diameter 20 inci di bagian depan dan 21 inci di bagian belakang. Roda belakang terbuat dari bilah aero transparan yang mengarahkan udara menjauh dari rem untuk pendinginan yang lebih baik.

Sebuah kubah kaca berada di atas kabin berkapasitas dua kursi, yang didukung oleh plastik serat karbon yang diperkuat. Ada pintu bergaya "Le Mans" yang terhubung pada pilar A dan atap yang terbuka ke depan dan ke atas, yang menurut Porsche terinspirasi oleh 917.

4

Mission X adalah Porsche pertama yang memakai lambang Porsche yang diperbarui, yang diungkapkan minggu lalu. Di dalam Mission X, akan menemukan kabin yang berorientasi pada pengemudi dengan dua kursi berwarna berbeda, dengan cangkang juga terbuat dari plastik serat karbon. Sabuk pengaman enam titik dipasang langsung ke sasis monokok, dan ada setir gaya motorsport terbuka dengan sakelar untuk mode penggerak yang berbeda, bersama dengan paddle shifter.

"Porsche Mission X adalah mercusuar teknologi untuk mobil sport masa depan. Ini mengambil tongkat estafet mobil sport ikonis dari dekade yang lalu: seperti 959, Carrera GT, dan 918 Spyder sebelumnya, Mission X memberikan dorongan penting untuk pengembangan evolusioner dari konsep kendaraan masa depan kami," kata Oliver Blume, Ketua Dewan Eksekutif Porsche AG.