Ford Masuki Segmen SUV Listrik Tiga Baris, Penerus Expedition?
Ford Expedition 2023. (Dok. Ford)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan kendaraan asal Amerika Serikat, Ford, terus menambah model baru dalam jajaran kendaraan listriknya. Terbaru, Ford tengah menyiapkan SUV bertenaga listrik tiga baris. 

Pasar kendaraan penumpang di AS saat ini memang didominasi oleh SUV 3 baris. Sementara untuk SUV listrik 3 baris dikuasai oleh Tesla. 

Segmen SUV bertenaga listrik dengan tiga baris baris tergolong langka. Selain Tesla dengan Model Y dan X, ada juga Mercedes-Benz dengan dua modelnya, EQS dan EQB, Rivian dengan SUV R1S.

Sementara, Kia juga sudah meluncurkan EV9 untuk pasar Amerika Utara bulan lalu dan tersedia pada akhir 2023. Lalu, juga ada Honda yang mempersiapkan mobil listrik berukuran besar untuk 2025.

"Berbeda dengan crossover dua baris yang diyakini banyak orang akan banyak diminati dan banyak produsen yang menggarapnya, kami yakin untuk model E bisa menjadi pilihan dengan ruang luas alias tiga baris SUV," ujar CEO Ford, Jim Farley, dilansir dari CarBuzz, Sabtu, 6 Mei.

Pihak Ford menilai saat ini tidak sedikit pelanggan pemula Ford yang memang belum pernah mencoba kendaraan dari Ford. Adanya SUV tiga baris ini bertujuan memberikan tambahan pengalaman baru bagi mereka.

Ford sebenarnya tidak asing dengan SUV tiga baris. Sebelumnya, mereka pernah memproduksi Ford Explorer dan Expedition Max.