Jetson ONE, Mobil Terbang ala Film Fiksi Ilmiah  Dapat Anda Miliki dengan Harga Rp1,3 Miliar
Mobil terbang Ketson One dari Jetson sudah mulai dipasarkan. (foto: tangkapan layar Jetson)

Bagikan:

JAKARTA – Mobil terbang masih menjadi impian bagi manusia hingga kini. Kendaraan ini hanya ada di film fiksi ilmiah, seperti The Jetson atau Harry Potter.  Namun startup yang berbasis di Tuscany, Jetson, sudah mulai meluncurkan Jetson ONE tahun lalu. Ini adalah kendaraan terbang dengan kecepatan maksimal 63 mil per jam dan jangkauan sekitar 20 mil.

Kini perusahaan tersebut telah mendapatkan investasi sebesar 10 juta dolar AS (Rp 148,3 miliar) untuk dapat mengembangkan kendaraan terbang mereka.

Pengembang mengklaim bahwa kini siapa pun dapat membeli dan mengoperasikannya, jika Anda memiliki uang sebesar 80.000 pound sterling (Rp 1,3 miliar).

Pesawat all-electric vertical take-off and landing (eVTOL) dari Jetson ini diluncurkan pada Oktober tahun lalu dan terbukti sangat populer sehingga langsung terjual habis untuk pengiriman pertama akhir tahun ini.

Sekarang, Jetson telah membuka pusat penelitian dan pengembangan baru di Arezzo, Tuscany. Hub ini memiliki landasan udara sepanjang 800 meter untuk pengujian penerbangan.

“Iklim Tuscan memungkinkan kondisi pengujian penerbangan yang sempurna dan landasan udara 800 meter berarti kami dapat terus terbang setiap hari,” kata sumber Jetson dalam sebuah pernyataan yang dikutip Daily Mail.

“Setiap pelanggan yang telah menerima nomor sasis yang ditetapkan akan diundang pada peluncuran Musim Semi 2023,” ungkap mereka.

Awal tahun ini, Jetson mengeluarkan rekaman yang menunjukkan seorang pilot menavigasi kendaraan terbang mereka. Dalam klip yang diposting di YouTube, perusahaan tersebut menuliskan beberapa hal. “Di Jetson kami bekerja keras sehingga Anda dapat mengalami sendiri bentuk penerbangan paling murni,” tulis mereka.

Dalam video tersebut, seorang pilot yang tidak disebutkan namanya terlihat dengan cakap menavigasi kendaraan terbang di atas ladang dan pepohonan. Bahkan Jetson menunjukkan bahwa kendaraan tersebut juga dapat diterbangkan di atas air.

“Pertama kali saya menerbangkannya, rasanya luar, biasa - benar-benar bebas getaran sehingga tidak seperti helikopter atau pesawat terbang,” kata Peter Ternström, salah satu otak di belakang proyek Jetson. “Ini benar-benar baru dan euforia. Kami membuka dimensi lain untuk orang-orang.”

“Tapi kami memiliki visi jauh di luar Jetson One. Kami ingin membuat mobil terbang dua tempat duduk dalam empat tahun,” tambah Ternstrom.

“Pada akhir dekade, kami ingin mobil terbang empat tempat duduk di pasar, yang dapat menggantikan mobil keluarga biasa, dan semua orang akan menginginkannya,” jelasnya. “Kami ingin membuat kota menjadi tempat yang lebih baik untuk ditinggali dan transportasi massal perlu berubah untuk melakukan itu - semuanya naik di udara!”

“Orang-orang berpikir itu gila tapi kami percaya semua orang bisa menjadi pilot pada akhir dekade ini. Evolusi terjadi dengan cepat,” tambahnya.

Ternström dan salah satu pendiri Tomasz Patan mendirikan Jetson pada tahun 2017 setelah pertama kali memikirkan konsep tersebut beberapa tahun sebelumnya. Tahun berikutnya mereka mulai menerapkan fitur keselamatan untuk memastikan penerbangan aman, termasuk sensor, motor cadangan, dan pembatas kecepatan.

Kendaraan mereka tidak memerlukan landasan pacu untuk lepas landas atau mendarat, dan telah dibangun untuk memastikan pendaratan yang mulus bagi pilot.

Rilis pertama model Jetson One dijual langsung setelah peluncuran resmi kendaraan pada Oktober 2021, jadi sekarang perusahaan menerima pesanan untuk pengiriman 2023.

“Ini tidak seperti apa pun yang sudah ada di luar sana, itulah yang membuatnya begitu unik dan menarik,” kata Ternström. “Tapi banyak orang melihat visi kami, saya mendapat permintaan untuk membeli satu setiap 15 menit, siang dan malam. Bahkan saya mendapat permintaan untuk membeli seluruh perusahaan setiap beberapa jam!”

Jetson One sendiri memiliki berat 86kg dan dapat terbang selama 20 menit dengan sekali pengisian baterai yang berlangsung hingga dua jam. Pesawat ini dikendalikan dengan tuas joystick dan throttle serta dapat mencapai kecepatan hingga 63mph.

Kendaraan tersebut masih tunduk pada pembatasan terbang yang berbeda-beda di setiap negara, yang berarti saat ini tidak dapat diterbangkan di kota-kota. Namun para pendiri percaya ini akan berubah ketika orang membuka pikiran mereka untuk bepergian dengan penerbangan, bukan jalan darat.

Ternström mengatakan dia dan Patan berharap untuk melihat 15 persen dari semua transportasi beroda dipindahkan ke udara pada tahun 2035, dan 50 persen pada tahun 2050.

“Ke depan, kami ingin membuat kota-kota besar menjadi tempat tinggal yang lebih baik. Untuk anak-anak kita, kota bisa lebih hijau - tidak akan ada ruang yang dibutuhkan untuk banyak tempat parkir dan jalan karena semuanya naik ke udara,” tambahnya.

“Kami tidak akan menjadi satu-satunya yang menyelesaikan ini, tetapi kami dapat bekerja dengan perusahaan lain, kami semua dapat melakukannya bersama-sama,” ujarnya.

Langkah selanjutnya dalam visi Ternström dan Patan adalah menciptakan mobil terbang dua tempat duduk dengan sedikit ruang bagasi pada tahun 2026. Ini dijuluki 'mobil mewah untuk langit', modelnya sudah dalam pengerjaan.

Tetapi para penemu tidak berhenti di situ  karena mereka bersikeras pada akhir dekade ini, orang akan bisa mendapatkan mobil terbang empat tempat duduk.

Pasangan ini percaya ini jika kendaraan ini dapat menggantikan 'mobil keluarga' klasik dan akan merevolusi perjalanan jalan raya sepenuhnya.

“Model kami akan menjadi hal paling keren yang dapat Anda miliki - semua orang akan menginginkannya,” kata Ternström.

“Orang-orang berpikir itu gila, tapi percayalah, evolusi terjadi dengan cepat. Tujuan kami adalah membuat semua orang menjadi pilot dalam satu dekade,” tambah Ternström.