Erica Robot <i>AI</i> yang Bakal Main Film Fiksi Ilmiah
Robot 'Aktris' Erica (dok. Studio Life Productions)

Bagikan:

JAKARTA - Teknologi robot telah berkembang dengan pesat, beberapa di antaranya bahkan telah dilengkapi dengan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI). Kini untuk pertama kalinya, sebuah robot AI akan tampil dalam sebuah film fiksi ilmiah. 

Tak cuma tampil, robot AI bernama Erica ini juga akan menjadi tokoh utama dalam film fiksi ilmiah berjudul "b". Erica sendiri merupakan robot hasil ciptaan dua ilmuwan Jepang Hiroshi Ishiguro dan Kohei Ogawa, sebagaimana dirangkum dari Hollywood Reporter, Jumat 26 Juni.

Film ini diproduksi Bondit Media Capital bekerja sama dengan Happy Moon Productions Belgia dan Ten Ten Media Global New York. Proses syuting film "b" sendiri sudah dilakukan sejak akhir tahun 2019 lalu.

Premis film "b" akan bercerita tentang seorang ilmuwan yang terancam nyawanya setelah berhasil menyempurnakan DNA manusia dalam tubuh sebuah robot. Sang ilmuwan lalu mencoba menyelamatkan Erica - robot perempuan yang diciptakannya - untuk kabur.

Sebagai persiapan membintangi film, Erica telah dilatih dasar-dasar berakting oleh oleh Hiroshi dan Kohei. Keduanya juga membuat simulasi gerakan agar Erika tampil lebih natural dan mendalami perannya.

"Dalam berakting, aktris akan menggunakan pengalaman hidupnya saat berperan, tapi Erica tidak," ucap Sam Khoze, seniman efek visual yang menangani film "b".

Cuplikan film Ex Machina yang diperankan Alicia Vikander

Jadi kami harus membuat simulasi untuk gerakan dan emosinya lewat sesi one-on-one, seperti mengontrol kecepatan gerakannya, berbicara dengan emosi, dan mengajari pengembangan karakter dan bahasa tubuh," jelasnya.

Proyek film ini memakan biaya produksi mencapai 70 juta dolar AS atau sekitar Rp99,8 miliar. Sejatinya, Erica akan memulai debut aktingnya dalam beberapa proyek film yang bakal disutradari Tony Kaye. 

Namun sampai saat ini, belum ada informasi soal sutradara dan pemain pendukung untuk "b". Meski begitu beberapa scene adegan Erica sudah dilakukan di Jepang, sejak tahun lalu. Proses syuting sendiri akan kembali dilanjutkan di Eropa, sekitar Juni 2021 mendatang.