CyberOne, Robot Humanoid dari Xiaomi yang Bisa Kenali 45 Emosi dari Manusia
CybeerOne robot buatan Xiaomi. (foto: dok. xiaomi)

Bagikan:

JAKARTA - Dari 'Ex Machina' hingga 'I, Robot', robot humanoid telah menjadi fitur pokok film fiksi ilmiah selama bertahun-tahun.

Sekarang, robot manusia hidup menjadi semakin populer di dunia nyata, dan penawaran terbaru adalah salah satu yang paling mengesankan.

Xiaomi telah mengungkapkan robot humanoid pertamanya – bot seharga   104.000 dolar AS ini bernama CyberOne.

CyberOne memiliki lengan dan kaki yang memungkinkannya berjalan layaknya manusia sungguhan, sedangkan android dilengkapi dengan teknologi AI yang memungkinkannya mendeteksi 45 emosi manusia.

Pembukaannya dilakukan hanya satu bulan sebelum peluncuran robot humanoid Tesla yang sangat dinanti, Optimus. CyberOne diluncurkan di atas panggung selama acara Xiaomi di Beijing minggu lalu.

"Dengan AI sebagai intinya dan bingkai humanoid ukuran penuh sebagai wadahnya, ini adalah eksplorasi kemungkinan ekosistem teknologi masa depan Xiaomi dan terobosan baru bagi perusahaan," kata Lei Jun, Pendiri, Ketua, dan CEO Xiaomi Group.

Robot ini memiliki tinggi 5'9" (177cm), berat 114lbs (52kg), dan memiliki rentang lengan 66 inci (168cm).

Robot itu terlihat berjalan terseok-seok di atas panggung selama acara, meskipun dengan gerakan yang sedikit kurang lancar daripada manusia sungguhan.

“CyberOne mendukung hingga 21 derajat kebebasan dalam bergerak dan mencapai kecepatan respons waktu nyata 0,5 ms untuk setiap derajat kebebasan, yang memungkinkannya untuk sepenuhnya mensimulasikan gerakan manusia,” kata  Xiaomi  dalam sebuah pernyataan yang dikutip Daily Mail.

CyberOne dilengkapi dengan algoritma interaksi AI yang memungkinkannya merasakan ruang 3D, serta mengenali individu, gerakan, dan ekspresi. Menurut Xiaomi, bot dapat mengenali 85 suara lingkungan yang berbeda, dan 45 emosi manusia.

“CyberOne mampu mendeteksi kebahagiaan, dan bahkan menghibur pengguna di saat sedih,” tambah pernyataan itu.

Harga pasti untuk robot itu masih belum jelas, meskipun Lei Jun mengatakan kemungkinan berada di kisaran 600.000 hingga 700.000 yuan (sekitar  89.100 hingga  104.000 dolar AS).

Sementara CyberOne adalah robot humanoid pertama Xiaomi, raksasa teknologi itu sebelumnya telah meluncurkan robot anjing bernama CyberDog.

Bot berkaki empat ini hanya berukuran 15,7 inci dan beratnya 31 lbs, dan dapat berlari dengan kecepatan tertinggi 7,2 mph.

Dengan remote dan kontrol suara, anjing cyber dapat mengikuti pemiliknya, menavigasi rintangan dan melakukan trik lain termasuk mengemis dan menggoyangkan kaki.

Selain itu, sifat open source-nya akan memungkinkan pengembang untuk membangun desain dan menyesuaikannya, dan bahkan menambahkan perangkat keras, agar sesuai dengan berbagai aplikasi yang berbeda.

Lei Jun menambahkan bahwa CyberOne akan terus menambahkan kemampuan baru.

“Kami pikir robot cerdas pasti akan menjadi bagian dari kehidupan masyarakat di masa depan,” ucapnya.

Peluncuran CyberOne muncul hanya beberapa minggu sebelum peluncuran robot humanoid pertama Tesla, Optimus.

Optimus akan berukuran 5'8 dan berat 125 pon, diatur untuk menyertakan komputer Autopilot yang digunakan dalam mobil listrik perusahaan, yang akan memungkinkan humanoid untuk mengenali objek dunia nyata, meskipun robot akan memiliki sensor dan aktuator sendiri yang disesuaikan.

Hal ini juga akan mampu melakukan 'deadlift' hingga 150 pon, membawa 45 pon, berjalan 5 mil per jam dan memiliki tangan seperti manusia ditambah sensor visual yang memberikan kemampuan untuk 'melihat.' Optimus sendiri akan diluncurkan di acara Tesla's AI Day pada 30 September.