Penembakan Senator Huey Long Si Pencela Presiden AS dalam Sejarah Hari Ini 8 September 1935
Huey Long (Sumber: Wikimedia Commons)

Bagikan:

JAKARTA - Pada 8 September 1935 Senator Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat Huey Long ditembak di State Capitol. Peristiwa ini tak terlalu mengagetkan sebab dirinya memang dikenal sebagai salah satu politisi yang punya banyak musuh. Ia juga dikenal berani melawan oligarki. Beberapa kebijakan populisnya menyulitkan orang kaya dan menguntungkan rakyat kecil.

Huey Long tewas setelah 30 jam badannya ditembus timah panas. Sebelum penembakan, rumor tentang rencana pembunuhan Long sudah beredar di Louisiana, AS.

Mengutip Britannica, konsolidasi kekuatan pribadi Huey Long menyebabkan pembicaraan tentang pemberontakan bersenjata oleh musuh-musuhnya. Huey sendiri ditembak oleh kerabat musuh politiknya dan meninggal dunia di usia 42 tahun. 

Kabar kematiannya menjadi headline berita hampir di seluruh dunia. Diperkirakan ada 200.000 pelayat yang datang ke Baton Rouge untuk memberikan penghormatan terakhir.

Sebelum penembakan, Long menghadiri agenda khusus legislatif Louisiana di State Capitol. Ia melakukan sebuah perlawanan melalui sejumlah RUU termasuk melakukan tindakan persekongkolan melawan Hakim Benjamin Pavy agar mundur dari jabatannya.

Menurut versi kejadian yang diterima secara umum, menantu Pavy yaitu Dr. Carl Weiss, mendekati Long di koridor dan menembaknya dari jarak dekat. Pengawal Long segera membalas tembakan ke arah Weiss saat Long berlari ke tempat yang aman. Weiss tewas seketika sementara Long dilarikan ke rumah sakit terdekat. Namun operasi darurat gagal menyelamatkan Long.

Long tengah berada di puncak kekuasaannya ketika dibunuh oleh Weiss. Dinasti politik Long diteruskan oleh saudaranya Earl K. Long, yang menjabat sebagai Gubernur Louisiana dan putranya, Russell B. Long, yang bertugas di Senat AS dari 1948 hingga 1987.

Pistol yang digunakan untuk membunuh Huey Long (Sumber: Wikimedia Commons)

 

Kuasa Long

Di kalangan kritikus, Huey Long dikenal sebagai pemimpin populis dan kerap membual. Dia pernah mengatakan membeli legislator "seperti karung kentang, mengocoknya seperti bermain kartu." Ia juga  menjuluki dirinya sendiri sebagai Kingfish.

"Saya adalah ikan kecil di di Washington. Tapi saya adalah Kingfish (rajanya ikan atau ikan paling besar) bagi orang-orang di Louisiana,” ucap Long dalam satu kesempatan.

Karier politik Long berawal dari 1928 ketika terpilih menjadi gubernur termuda di Louisiana, yaitu di usia 34 tahun. Gayanya yang cenderung kurang ajar membuat banyak orang terasing, termasuk kepala perusahaan terbesar di negara bagian, Standard Oil.

Long memberikan redistribusi kekayaan, yang dia yakini bisa dilakukan dengan membebani orang kaya. Salah satu kebijakannya yang menghadapi banyak tentangan adalah pajak “pekerjaan” di kilang minyak. 

Populismenya mengarah pada upaya pemakzulan, tetapi ia berhasil menggagalkan upaya tersebut. Pada 1930, ia memenangkan pemilihan Senator Louisiana tetapi menolak untuk menjalani tugasnya sampai pengganti Gubernur Lousiana yang ia pilih sendiri mampu memenangkan kursi gubernur pada 1932.

Huey Long (Sumber: Wikimedia Commons)

Setelah mulai menduduki kursi senat, Long mengawali tugasnya dengan mencela presiden baru saat itu, Franklin Roosevelt. Sebagai tanggapan, banyak sekutunya di legislatif Louisiana berbalik melawannya dan tidak akan lagi memilihnya lagi sebagai kandidat.

Dalam upaya untuk mendapatkan kembali kekuasaan di Louisiana, Huey Long berhasil meloloskan serangkaian undang-undang yang memberinya kendali atas penunjukan setiap posisi publik di negara bagian, termasuk memilih polisi dan guru sekolah. Huey Long bahkan memiliki banyak pengawal seperti gangster lalu mendikte para anggota legislatif, menggunakan intimidasi jika perlu.

Di sisi lain sikap semena-mena Huey juga dibarengi dengan simpati Long terhadap orang-orang yang kurang mampu. Dia mencari kekuatan nasional dengan program 'Share the Wealth' (berbagi kekayaan) yang menggoda publik yang tengah menghadapi Depresi Hebat.

Dengan program tersebut, Long menjanjikan masyarakat memiliki pendapatan minimum 2.500 dolar AS per keluarga yang dananya berasal dari pajak-pajak orang kaya. Pada 1934, ia mengubah program tersebut menjadi Share-Our-Wealth Society, mengundang orang Amerika di mana-mana untuk mengorganisir cabang-cabang produk lokal.

Seandainya Long mampu menyatukan berbagai gerakan radikal nasional, sebuah jajak pendapat pribadi yang dilakukan pada musim semi 1935 memperkirakan bahwa ia akan memenangkan hingga empat juta suara dalam pemilihan presiden. Namun sayang sebelum pemilihan presiden dan meredam perlawanan, Huey Long telah tewas tertembak.

*Baca Informasi lain soal SEJARAH HARI INI atau baca tulisan menarik lain dari Putri Ainur Islam.

 

SEJARAH HARI INI Lainnya