B.J. Habibie Didaulat sebagai Pengisi Suara Serial Animasi Adit Sopo Jarwo dalam Memori Hari Ini, 1 April 2016
Episode spesial serial animasi Adit Sopo Jarwo kedatangan Eyang Habibie dalam Episode 77: Eyang Bikin Sepakat Semuanya Sepakat. (Tangkapan layak Youtube MD Animation)

Bagikan:

JAKARTA – Memori hari ini, tujuh tahun yang lalu, 1 April 2016, MD Entertainment mendaulat mantan Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie sebagai pengisi suara serial animasi Adit Sopo Jarwo. Kehadiran Habibie yang memerankan dirinya sendiri pada Episode 77: Eyang Bikin Sepakat Semuanya Sepakat dapat membawa inspirasi bagi anak-anak Indonesia.

Sebelumnya, Habibie adalah tokoh bangsa populer di mata anak Indonesia. Kiprahnya sebagai ahli kedirgantaraan hingga memimpin Indonesia terbilang gemilang. Anak-anak pun banyak bercita-cita memiliki otak seperti Habibie.

Habibie adalah sosok yang tak dapat dianggap remeh dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia. Kiprahnya sebagai ahli kedirgantaraan mengagumkan. Ia memiliki 46 hak paten, utamanya di bidang aeronautika.

Prestasi itu membuat banyak industri kedirgantaraan dunia kepincut dengan kecerdasan Habibie. Indonesia, salah satunya. Presiden Soeharto sampai tak rela jika Habibie yang notabenenya aset bangsa berkarir di negara selain Indonesia. Jelas itu dianggap kehilangan besar oleh Soeharto.

The Smiling General langsung meminta jajarannya untuk membujuk Habibie yang sedang bekerja di Jerman pulang ke Indonesia. Pucuk di cinta ulam tiba. Habibie memang memiliki mimpi untuk berkontribusi bagi bangsa dan negara.

Serial animasi Adit Sopo Jarwo yang pertama kali tayang pada 2014. (Wikimedia Commons) 

Ia meyanggupi jenjang karier yang ditawarkan pemerintah Orde Baru (Orba). Dari memimpin Industri Pesawat Terbang Nusantara (kemudian jadi PT. Dirgantara Indonesia) hingga menjadi Menteri Riset dan Teknologi (Menristek).

Semua pekerjaan yang diberikan mampu dijawab Habibie dengan keberhasilan. Ia pun lalu menggantikan Soeharto sebagai Presiden Indonesia yang baru. Narasi itu membuat nama Habibie sebagai orang cerdas terkenang di seantero negeri.

Habibie mampu menginspirasi anak Indonesia untuk memiliki otak cerdas macam dirinya. Joko Widodo yang kemudian jadi Presiden Indonesia ke-7 juga mengagumi Habibie.

“Bagi Jokowi, tak ada seorang presiden yang lebih pintar daripada seorang Habibie. Dalam kepemimpinannya yang relatif singkat, Habibie adalah panutan bagi jutaan anak-anak Indonesia untuk menjadi manusia sepintar Habibie. Setelah melepaskan semua kedudukan dan jabatan politiknya, Habibie adalah salah seorang guru bangsa terbaik yang pernah lahir dari bumi Indonesia,” ungkap Darmawan Prasodjo dalam buku Jokowi Mewujudkan Mimpi Indonesia (2021).

Inspirasi sosok Habibie pun tak lekang oleh waktu. Manoj Punjabi dari MD Entertainment pun mengamininya. Habibie menurutnya adalah sosok besar dan menginspirasi. Ia pun menawarkan Habibie untuk kembali menginspirasi anak Indonesia dengan terlibat dalam salah satu episode proyek animasi Adit Sopo Jarwo.

Keinginan itu disambut baik oleh Habibie. Apalagi Habibie memiliki niat supaya segenap anak Indonesia berani bermimpi. Kemudian, MD Entertainment secara resmi mendaulat Habibie sebagai pengisi suara serial animasi Adit Sopo Jarwo pada 1 April 2016. Pun Habibie mengaku tak kesulitan menjalankan peran barunya.

"Saya tidak tegang, biasa saja, sudah umur 80 tahun sudah ngga ada tegang lagi, waktu ketemu Ainun baru saya tegang. Saya nggak belajar. Saya biasa saja, saya dalam 24 jam selain untuk tidur, makan, baca buku atau tulis, emang kerjaan gitu," ujar BJ Habibie sebagaimana dikutip laman Dream kala melakukan konferensi pers di kantor MD Entertainment Kuningan, Jakarta Selatan, 1 April 2016.