Dubber Kenamaan Keiji Fujiwara Meninggal Dunia
Keiji Fujiwara (Twitter @Anime)

Bagikan:

JAKARTA - Meninggalnya Keiji Fujiwara pada Minggu, 12 April waktu Jepang dikonfirmasi oleh agensinya, hari ini, Jumat, 17 April. Fujiwara meninggal di usia 55 tahun akibat kanker yang dideritanya.

Selama hidupnya, figur Fujiwara dikenal mengisi suara berbagai anime, antara lain Hunter x Hunter, Pokemon Generations, dan Fullmetal Alchemist.

Memulai kariernya sejak kuliah di jurusan teater, Fujiwara memilih berkutat di bidang pengisi suara. Debutnya dimulai dengan menjadi pengisi suara di RPG Densetsu Hepoi pada awal tahun 1990-an.

Kemudian, ia tampil sebagai pemain tetap dalam Yokoyama Mitsuteru Sangokushi (Romance of Three Kingdoms). Namun, perannya yang paling diingat adalah ketika ia menjadi ayah dari Shinnosuke di Crayon Sinchan sejak 1992.

Selain itu, beliau sering mengisi suara film internasional yang dirilis di Jepang, salah satunya adalah Iron Man yang diperankan Robert Downey Jr. di film Avengers. Setelah membuat agensi sendiri, Air Agency, Fujiwara juga memulai kariernya sebagai dosen mengajar di Japan Newart College pada 2008.

Pada tahun 2016, ia memutuskan beristirahat sejenak dari pekerjaannya untuk memulai perawatan karena sakitnya, tetapi ia tetap menjadi pengisi suara di samping mengurus kesehatannya.

Dilansir dari Oricon News, agensinya menjelaskan beberapa waktu belakangan, Fujiwara berjuang melawan penyakit kankernya. Tetapi kini ia telah beristirahat dengan tenang. Upacara pemakamannya hanya dihadiri kerabat terdekat.

Karya terakhirnya bisa didengarkan melalui animasi Zashiki Warashi no Tatami Chan yang baru dirilis pada 10 April lalu. Fujiwara berperan sebagai manajer tempat karaoke dalam anime tersebut.

Selamat jalan Keiji Fujiwara.