Serba-Serbi Serial Animasi <I>Si Juki Anak Kosan</I> Tayang Hari Ini di Disney+ Hotstar
Si Juki Anak Kosan (Foto: IG @jukihoki)

Bagikan:

JAKARTA - Film animasi Si Juki pernah menjadi salah satu animasi kebanggaan Indonesia. Film ini dikembangkan dari komik buatan Faza Meonk. Hari ini, 29 Januari, penggemar animasi bisa menikmati versi seriesnya yang berjudul Si Juki Anak Kosan di Disney+ Hotstar.

Menurut Faza Meonk selaku kreator Si Juki, cerita yang dihadirkan di serial sangat berbeda dari versi komik. Pasalnya, cerita yang ada di komik terlalu pendek untuk dibuat sebagai serial, sehingga ia merombak ceritanya agar durasi lebih panjang.

Si Juki Anak Kosan (Foto: IG @jukihoki)

Si Juki Anak Kosan akan tayang sepanjang 13 episode dengan masing-masing berdurasi 12 menit. Setiap episodenya akan menceritakan Si Juki dan teman-temannya sebagai anak kos dengan beragam kisah kocak.

"Cerita benar-benar kita buat baru. Ada sedikit cerita yang menarik diambil dari komik, tapi selebihnya buat baru semua," terang Faza dalam konferensi pers virtual, 27 Jannuari lalu. 

Di bagian pengisi suara, serial ini tidak lagi menggunakan aktor-aktor besar sebagai pengisi suara. Saat itu Indro Warkop, Bunga Citra Lestari, dan Butet kertaradjasa menjadi pengisi suara. 

Untuk serial, Sutradara Daryl Wilson dan Faza Meonk mencari bakat baru dengan melakukan audisi tertutup. Mereka mencari pengisi suara amatir kemudian dilatih menjadi pengisi suara yang cocok dengan karakter di serial Si Juki Anak Kosan. 

Si Juki Anak Kosan (Foto: IG @jukihoki)

Produksi serial Animasi Si Juki Anak Kosan ini berlangsung lebih dari setahun, sempat terhenti akibat pendemi COVID-19, tim produksi meneruskan proses dengan membuat animasi dengan bekerja dari rumah. Proses produksi dibalik dengan merekam suara terlebih daulu, baru kemudian dibuatkan visualnya. 

Faza berharap, kemunculan serial Si Juki Anak Kosan membakar semangat para kreator Tanah Air untuk mengikuti jejaknya. "Saya harap dengan serial animasi ini, semakin banyak yang berani berinvestasi di industri serial animasi," kata ungkap pria bernama lengkap Faza Ibnu Ubaidillah itu.