4 Januari dalam Sejarah: Tangga Lagu Billboard Pertama Kalinya Dibuat
Joe Venuti dan bandnya merajai tangga lagu Billboard pertama kalinya (Sumber: Wikimedia Commons)

Bagikan:

JAKARTA - Pada 4 Januari 1936, Majalah Billboard untuk pertama kalinya merilis 'Parade Musik Hit', tangga lagu pertama yang menunjukkan tingkat popularitas sebuah album musik. Hal itu dibuat seiring kemunculan teknologi fonograf, pemutar rekaman, radio dan jukebox yang mempermudah akses terhadap musik. Sementara yang pertama kali memuncaki tangga lagu Billboard yakni Joe Venuti pemain biola jazz, bersama band orkestranya.

Dilahirkan pada 1903, di lingkungan Italia-Amerika di Philadelphia, karier artis Billboard tersebut mulai moncer ketika bermain di Orkestra Paul Whiteman dan posisi reguler di acara radio nasional Bing Crosby di awal 1950-an. Menurut catatan biografi oleh Pennsylvania Historical and Museum Commission, Venuti terus menjadi musisi sampai kematiannya akibat kanker pada 1978.

Pada 1955, tangga lagu Billboard Hot 100 dari lagu-lagu terlaris diperkenalkan. Kesuksesannya kemudian diikuti oleh Billboard 200 untuk album chart terlaris. Sampai sekarang, tangga lagu Billboard berfungsi sebagai pencapaian "paling abadi dan berpengaruh" majalah tersebut.

Mengutip laman Billboard, Senin 4 Januari 2021, Billboard pertama kali meluncurkan majalahnya pada 1 November 1894. Edisi pertamanya tersebut, dinilai paling berbeda dari majalah zaman sekarang dan berhasil memperluas platform Billboard hingga kini. Majalah perdana Billboard bahkan tidak terfokus pada industri musik. 

Sebelum menjadi publikasi mingguan dan kehadiran Billboard daring 24/7, Billboard diluncurkan sebagai Billboard Advertising. Misi aslinya adalah sebagai rangkuman bulanan dari semua hal-hal yang baru, potensial, dan menarik.

Untuk iklan

Setelah penayangan perdananya, majalah delapan halaman itu dibanderol 10 sen per edisi atau 99 sen per tahun.  Fokus utamanya yakni untuk kepentingan iklan, pencetak poster, poster tagihan, dan pameran.

Subjek sampul pertama majalah itu adalah R.C. Campbell, Presiden Associated Bill Posters 'Association saat itu. "Tidak ada penghormatan yang lebih pantas yang dapat dibayarkan kepada Campbell daripada menyatakan bahwa dia adalah orang yang memiliki sumber daya tak terbatas, ide-ide progresif dan industri yang tak kenal lelah," tulis Billboard dalam edisi perdana.

"Dalam memilih fotonya untuk nomor pertama majalah ini, Editor tergugah oleh fakta bahwa dia adalah pemimpin yang diakui, orang pertama dan terpenting dan paling terkemuka di bidang yang ingin kami lipu," tertulis. 

Dalam beberapa tahun, menu bagan Billboard telah diperluas untuk mencakup survei yang mencakup aktivitas sosial dan streaming, dengan aliran ditambahkan ke tabulasi mingguan Hot 100. Billboard juga telah meluncurkan Billboard Artist 100 mingguan, penghitungan tur yang diperluas, survei mingguan yang memberi peringkat kepada penulis lagu dan produser.