1 Januari dalam Sejarah: Panggilan Telepon Seluler Pertama di Inggris
Michael Harrison, orang yang melakukan panggilan telepon seluler pertama (Sumber: vodafone.co.uk)

Bagikan:

JAKARTA - Pada malam Tahun Baru, putra pemimpin Vodafone Sir Ernest Harrison, Michael Harrison, diam-diam menyelinap keluar dari pesta keluarga. Beberapa jam kemudian, tepat tengah malam 1 Januari 1985, ia berdiri di bawah bayang-bayang Big Ben di Parliament Square. Michael menelepon ke rumah untuk mengucapkan Selamat Tahun Baru kepada ayahnya. Itu menjadi momen bersejarah sebab panggilan telepon seluler pertama kalinya dilakukan di Inggris.

Mengutip The Guardian, Jumat 1 Januari, dalam panggilan tersebut, Michael Harrison berkata: “Hai Ayah. Ini Mike. Ini adalah panggilan pertama yang dilakukan di jaringan seluler komersial Inggris.” Di ujung telepon yang lain, sumbat sampanye muncul dan fotografer merekam momen tersebut.

Meski sebenarnya Michael Harrison yang pertama kali melakukan panggilan seluler di Inggris, namun orang-orang lebih familiar momen bersejarah itu pertama dilakukan oleh seorang komedian bernama Ernest Wise. Ia melakukan panggilan di St Katharine Docks London pada 1 Januari 1985, melalui jaringan Vodafone. 

Kerumunan berkumpul di dekat Dickens Inn untuk menyaksikan Wise menelepon kantor Vodafone di Newbury dengan Transportable Vodafone VT1 yang memiliki berat 5 kg tersebut.  Belakangan pada hari itu, Wise melakukan panggilan seluler resmi pertama ke kantor pusat Vodafone yang saat itu berada di atas sebuah restoran India di Newbury, Berkshire.

Vodafone, perusahaan rintisan dari dalam perusahaan pertahanan dan elektronik Racal. Vodafone berhasil mengalahkan BT Cellnet untuk memulai jaringan seluler pertama di Inggris hanya dalam waktu sembilan hari. 

Pada 1985, lebih dari 12.000 ponsel dijual dengan harga masing-masing sekitar 2.000 poundsterling. Ponsel tersebut dipasarkan dalam iklan Saatchi & Saatchi yang menampilkan pebisnis pengendara Ferrari. 

Saat ini, Vodafone memiliki 438 juta pelanggan di seluruh dunia. Industri telepon seluler Inggris menghasilkan lebih dari 15,6 miliar Poundsterling pada 2013, dengan lebih dari 83 juta orang mendaftar. Jumlah fantastis itu jauh melebihi populasi Inggris yang hanya sekitar 64 juta orang.

Vodafone VT1

Vodafone VT1 merupakan telepon portabel yang hampir memiliki berat 5 kg. Telepon ini harus diisi daya selama 10 jam untuk memberikan waktu panggilan selama 30 menit.

“Namun, kami tidak tahu bahwa itu akan mengubah hidup semua orang," kata Direktur Penjualan Pertama Vodafone, Steve Phillips saat diwawancarai pada 2014. 

Phillips adalah kepala tim yang terdiri dari 12 anggota tim penjualan yang ditugaskan untuk menjual 1.000 koneksi dan telepon antara September dan Januari 1985. 

“Kami tidak punya telepon atau jaringan. Kami baru saja berfoto,” kenangnya. “Kami menjual kepada anggota dewan, CEO, MD, dan individu dengan kekayaan bersih tinggi, yang merupakan pengguna awal dan dianggap berhasil,” pungkasnya.