Biografi Chris Cornell <i>Total F ** king Godhead</i> Dirilis 28 Juli
Chris Cornell dan putranya (Instagram @chriscornellofficial)

Bagikan:

JAKARTA - Post Hill Press akan merilis Total F * cking Godhead - The Biography Of Chris Cornell, biografi komprehensif pertama dari penyanyi-penulis lagu ikonik Chris Cornell, pada 28 Juli. Buku ini didistribusikan via Simon & Schuster. 

Total F * cking Godhead menceritakan kebangkitan Cornell dan band abadinya, Soundgarden ketika mereka muncul dari pergerakan bawah tanah post-punk era 1980-an untuk mendominasi budaya populer di era 90-an bersama Pearl Jam, Alice In Chains, dan Nirvana.

Seluruh cerita dalam biografi ini merupakan hasil masukan dari mereka yang kenal dan pernah bekerja bersama Cornell. Dan tentunya, dari kata-kata sang ikon grunge sendiri.

Corbin Reiff, penulis Total F * cking Godhead asal Seattle ini juga mengabadikan karier solo dinamis Cornell serta sepak terjangnya bersama Audioslave. Dia menggali pertempuran Cornell melawan kecanduan, dan reuni Soundgarden sebelum semuanya berakhir mengejutkan.

Reiff pertama kali mengumumkan dia sedang mengerjakan buku itu pada Desember 2018. Pada saat itu, Reiff mengatakan bahwa dia telah mewawancarai produser legendaris Seattle, Jack Endino, yang mengerjakan rekaman awal Soundgarden serta kritikus musik Seattle Dawn Anderson, orang pertama yang pernah mengulas musik band itu pada tahun 1986. 

Hanya saja, dia tampaknya tidak berbicara dengan anggota keluarga Cornell atau teman-teman bandnya di Soundgarden sehingga catatan tersebut dirasa kurang lengkap.

Artwork cover buku biografi Chris Cornell

Cornell dinyatakan meninggal pada 18 Mei 2017 setelah ditemukan tak bergerak di kamar hotelnya di Detroit. Pada malam sebelum kematiannya, Cornell tampil bersama Soundgarden.

Pria yang saat itu berusia 52 tahun tersebut dinyatakan mengonsumsi obat penenang dan obat kecemasan, tetapi meninggal dengan cara gantung diri.

Pada Januari 2019, sahabat musisi dan para aktor memberikan penghormatan kepada Cornell dalam sebuah konser tribute di Los Angeles. Personel Soundgarden dan Audioslave tersisa, bersama Metallica, Foo Fighters dan banyak lagi tampil dalam acara itu.

Ada pun box set yang menampilkan musik dari tiga band Cornell: Soundgarden, Audioslave, dan Temple of the Dog serta rekaman solonya, dirilis pada November 2018.