Komposer Film Ennio Morricone Meninggal Dunia
Ennio Morricone (enniomorricone.org)

Bagikan:

JAKARTA - Ennio Morricone, komposer yang dikenal dengan karya untuk sejumlah film meninggal dunia pada Senin, 6 Juli. Ia meninggal karena komplikasi setelah jatuh yang menyebabkan tulang pahanya patah.

Ia meninggal saat perawatan di sebuah klinik di Roma. Dilansir dari The Guardian, berita ini dikonfirmasi oleh pengacara Morricone, Giorgino Assumma pada hari yang sama. Kematiannya yang begitu mendadak mengejutkan kerabat dan rekan kerjanya di industri musik.

Komposer berdarah Italia itu dikenal dengan sejumlah karya untuk musisi dan film. Sebuah film bisa memiliki sinergi yang baik dengan musik yang bagus. Ennio Morricone menjadi salah satu bintang di industrinya.

Lahir pada 1928, sosok Ennio Morricone lebih dulu memulai karier musiknya dengan menulis untuk musisi seperti Pet Shop Boys, Demis Roussos, dan Paul Anka.

Namun, kariernya sebagai komposer film lah yang paling meninggalkan kesan. Awalnya, ia memulai dengan menjadi ghostwriter (penulis bayangan) tetapi melalui film The Fascist, ia memutuskan untuk tampil dengan nama asli.

Tantangan menjadi komposer film adalah menentukan musik yang sesuai dengan nuansa yang ada dalam film. Hebatnya, Morricone menguasai berbagai genre film mulai dari romantis hingga kriminal. Bahkan, musik gubahannya, salah satunya Chi Mai sempat meraih tangga musik Inggris setelah dipakai dalam serial milik BBC.

Karyanya juga pernah diperdengarkan dalam film asal Korea, The Battleship Island. Saat itu, salah satu adegan klimaks memakai lagu The Ecstasy of Gold yang dibuat oleh Morricone. Lagu ini juga dipakai setiap membuka konser Metallica. The Ecstasy of Gold merupakan soundtrack dari film The Good, The Bad, and The Ugly tahun 1966.

Berbagai karya bersama sutradara hebat telah ia lakukan, yaitu Quentin Tarantino, John Carpenter, Bernardo Bertolucci, dan masih banyak lainnya. Tarantino juga terlihat beberapa kali merekrut Morricone untuk menggarap musik dalam film Kill Bill, Django Unchained, dan yang terakhir The Hateful Eight.

Hingga akhir hidupnya, Ennio Morricone menjalani tur dan memimpin orkestra. Ia juga menjual lebih dari 70 juta keping serta menerima penghargaan Grammy dan Academy.

Kepiawaiannya dalam membuat musik dalam film diapresiasi sampai akhir hayatnya pada usia 91 tahun. Kata Ennio Morricone menempati trending topic dan pendengar beserta rekannya mengirimkan ucapan belasungkawa. Selamat jalan, Ennio Morricone.